Sejumlah Jalur Mudik di Bantul Rawan Kecelakaan hingga Bencana

Pemudik diimbau berhati-hati

Bantul, IDN Times - Polres Bantul memetakan jalur rawan kecelakaan maupun bencana di wilayah Bantul. Pasalnya, mudik Lebaran tahun 2024 diprediksi akan terjadi cuaca ekstrem. Sejumlah jalan yang rawan bencana atau sering dilanda bencana hidrometeorologi mulai dipetakan. 

1. Jalur yang rawan terjadi bencana banjir

Sejumlah Jalur Mudik di Bantul Rawan Kecelakaan hingga BencanaKasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry (IDN Times/Daruwaskita)

Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffri Prana Widnyana S.Sn menjelaskan, jalur rawan bencana terdapat di beberapa titik lokasi. Wilayah yang berpotensi terjadi bencana banjir seperti di Jalan Parangtritis Km 21 atau tepatnya di Dusun Klegen Panjangrejo Pundong dan Jalan Samas, Dusun Karen Tirtomulyo Kretek Bantul.

“Di lokasi itu ada dam yang digunakan untuk irigasi pertanian, sehingga saat terjadi hujan dengan intensitas tinggi dan pintu dam tidak dibuka, air bisa meluap ke jalan raya,” ujarnya, Minggu (31/3/2024).

2. Jalur rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas

Sejumlah Jalur Mudik di Bantul Rawan Kecelakaan hingga Bencana(Ilustrasi kecelakaan) IDN Times/Aditya Pratama

Sementara itu, jalur yang rawan terjadi kecelakaan lalu lintas, dia menyebut ada beberapa ruas jalan. Jalan Srandakan, Jalan Bantul, Jalan Jogja-Wonosari, Jalan Jogja-Wates dan Jalan Parangtritis patut diwaspadai pengguna jalan.

“Jalan Srandakan dan Jalan Parangtritis (Simpang Druwo-Simpang Bakulan) itu rawan, kemudian juga ada ruas Jalan Imogiri Timur dan Jalan Imogiri-Dlingo,” katanya.

Baca Juga: 250 Ribu Wisatawan Bakal ke Bantul, Ini Imbauan Dinas Pariwisata

3. Pemudik diminta hati-hati berkendara dan patuhi aturan lalu lintas

Sejumlah Jalur Mudik di Bantul Rawan Kecelakaan hingga Bencanailustrasi mudik (IDN Times/Aditya Pratama)

AKP Jeffry juga mengimbau kepada para pemudik yang masuk ke DIY, khususnya wilayah Bantul untuk berhati-hati dan mematuhi peraturan lalu lintas.

“Untuk itu, kami mengimbau kepada pengguna jalan terutama bagi para pemudik agar tetap berhati-hati dan waspada, serta patuhi peraturan lalu lintas di jalan raya,” ujarnya.

Baca Juga: Ini Rute dan Tarif Naik Damri di Jogja hingga ke Candi Borobudur

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya