Rumah Diterjang Banjir, 15 Warga Piyungan Bantul Mengungsi

Tiga objek wisata alam juga diterjang banjir

Bantul, IDN Times - Akibat hujan lebat pada Rabu (31/1/2024), sebanyak 15 warga di Kalurahan Srimulyo dan Kalurahan Srimartani, Kapanewon Piyungan, Kabupaten Bantul, terpaksa mengungsi karena rumah mereka terendam banjir. Bukan itu saja, sejumlah pohon tumbang dan tiga objek wisata di Bantul juga diterjang banjir.

1. Warga yang rumahnya terendam banjir harus mengungsi

Rumah Diterjang Banjir, 15 Warga Piyungan Bantul MengungsiRumah warga di Piyungan Bantul diterjang banjir.(Dok.BPBD Bantul)

Manajer Pusat Pengendalian Operasional (Pusdalops) BPBD Bantul, Aka Luk Luk Firmansyah, menjelaskan bahwa 15 warga yang sebelumnya mengungsi karena rumah mereka terendam banjir, kini telah kembali ke rumah masing-masing setelah genangan air banjir menyusut.

"Sempat mengungsi di rumah kerabatnya. Namun saat ini sudah kembali ke rumah dan bersih-bersih rumah dari material lumpur," katanya, Kamis (1/2/2024).

2. Pohon tumbang akibat hujan lebat

Rumah Diterjang Banjir, 15 Warga Piyungan Bantul MengungsiPohon Ilustrasi pohon tumbang tutup akses jalan. (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Tak hanya banjir, hujan lebat juga menyebabkan empat pohon tumbang di Pendowoharjo, Trirenggo, Palbapang, dan Bangunjiwo.

"Untuk pohon yang tumbang saat ini sudah dilakukan evakuasi oleh pihaknya dan sejumlah relawan," ujarnya.

Baca Juga: Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas pada Kamis, Jarak 1.800 Meter

3. Tiga objek wisata alam juga terendam banjir

Rumah Diterjang Banjir, 15 Warga Piyungan Bantul MengungsiIlustrasi banjir.(Dok.BPBD Bantul)

Dampak hujan lebat pada Rabu juga terasa di sektor pariwisata, di mana tiga objek wisata di Kabupaten Bantul terendam banjir. Kasi Promosi dan Pelayanan Informasi Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Markus Purnomo Adi menyebutkan bahwa objek wisata yang terdampak banjir meliputi Kebon Pring dan Setren Opak di Kapanewon Piyungan, serta Potrobayan River Camp di Kapanewon Pundong.

"Tiga objek wisata tersebut tak jauh dari sungai yang meluap saat hujan deras melanda," ucapnya. "Jadi memang resikonya objek wisata alam yang dekat dengan sungai sangat rawan diterjang banjir saat musim penghujan dan pengelola objek wisata mengetahui risikonya itu." 

Baca Juga: Hujan Lebat, BPBD DIY Catat Puluhan Rumah Terdampak Hingga Korban Luka

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya