Polres Bantul Buka Penitipan Sepeda Motor Gratis bagi Pemudik

Penitipan sepeda motor dibuka selama libur dan cuti Lebaran

Intinya Sih...

  • Polres Bantul membuka penitipan sepeda motor selama libur dan cuti Lebaran.
  • Layanan penitipan sepeda motor disediakan gratis tanpa kuota di Polres Bantul dan Polsek jajarannya.
  • Fasilitas penitipan bertujuan mendorong warga agar memilih mudik dengan kendaraan umum, bukan sepeda motor.

Bantul, IDN Times - Bagi warga Bantul atau mahasiswa yang berencana untuk mudik ke kampung halaman saat libur dan cuti Lebaran 1445 H, tidak perlu bingung untuk menitipkan sepeda motor mereka. Polres Bantul telah menyiapkan fasilitas penitipan sepeda motor yang aman dan terjamin. Selama momen Lebaran, tempat parkir atau penitipan sepeda motor tersedia di Polres Bantul serta Polsek jajarannya.

1. Tidak ada kuota yang ditentukan untuk sepeda motor yang dititipkan

Polres Bantul Buka Penitipan Sepeda Motor Gratis bagi PemudikKasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry.(IDN Times/Daruwaskita))

Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana, menjelaskan bahwa tidak ada kuota yang ditetapkan untuk layanan penitipan sepeda motor ini. Selama masih ada lahan parkir yang tersedia, warga dipersilakan untuk menitipkan kendaraannya. Layanan penitipan ini disediakan secara gratis, tanpa dipungut biaya.

"Selama masih ada lahan untuk penitipan silakan sepeda motor dititipkan di Mapolres Bantul atau Polsek jajaran. Tidak ada batasan kuota," ujarnya, Minggu (7/5/2024).

2. Syarat penitipan sepeda motor selama libur dan cuti Lebaran

Polres Bantul Buka Penitipan Sepeda Motor Gratis bagi PemudikIlustrasi mengendarai sepeda motor.(ist)

Jeffry menambahkan bahwa fasilitas ini juga bertujuan untuk mendorong warga agar memilih mudik dengan kendaraan umum, bukan kendaraan pribadi, terutama sepeda motor.

"Kami mengimbau khususnya ke masyarakat Bantul untuk sebaiknya tidak menggunakan sepeda motor ketika mudik, alasan utamanya karena memiliki resiko lebih tinggi terlibat lakalantas karena mengemudi terlalu lama dan terlalu jauh," katanya.

Bagi para pengendara yang ingin menitipkan sepeda motor, persyaratannya adalah menunjukkan STNK asli, KTP, dan SIM.

Baca Juga: DPUPKP Bantul Pastikan Akses Jalan Menuju Objek Wisata Mulus Dilalui

3. Warga diminta memberitahu petugas ketika meninggalkan rumah untuk mudik

Polres Bantul Buka Penitipan Sepeda Motor Gratis bagi Pemudikilustrasi mudik (IDN Times/Aditya Pratama)

Jeffry juga memberikan pesan kepada para pemudik yang meninggalkan rumah untuk memberitahu Bhabinkamtibmas atau Polsek terdekat. "Agar rumah yang ditinggal mudik mendapat pengawasan atau patroli," ujarnya.

Polres Bantul mengerahkan total 558 personel dalam Operasi Ketupat Progo 2024 untuk mengamankan Hari Raya Idul Fitri 1445 H dan arus mudik Lebaran. Operasi ini didukung oleh berbagai pihak lainnya, termasuk TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan instansi terkait lainnya.

Baca Juga: Libur Lebaran, Disdukcapil Bantul Tetap Buka Layani Pemudik

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya