Petani Gunungkidul Kembangkan Pisang Cavendish, Tanam 10 Ribu Bibit 

Cavendish diharapkan bantu perekonomian petani
Gunungkidul, IDN Times - Kelompok Tani Ngudi Makmur, Salaran, Ngoro-oro , Patuk, Gunungkidul mulai mengembangkan tanaman pisang jenis Cavendish. Budidaya ini diharapkan dapat mendukung kampung holtikultura dan meningkatkan pendapatan yang diperoleh petani.
 

1. Pemerintah bantu 10 ribu bibit pisang Cavendish

Petani Gunungkidul Kembangkan Pisang Cavendish, Tanam 10 Ribu Bibit Ilustrasi bibit pisang.(IDN Times/Daruwaskita)
Sebanyak 10 ribu bibit pisang yang merupakan bantuan dari pemerintah, hari ini mulai ditanam bersama Bupati Gunungkidul Sunaryanta, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul Rismiyadi,Forkompimkab Patuk, serta Penyuluh Pertanian BPP Patuk, Senin (10/10/2022).

“Bibit pisang cavendish merupakan bantuan dari pemerintah sejumlah 10 ribu bibit untuk Kelompok Tani Ngudi Makmur Salaran dan KWT Ngudi Makmur Senggotan,” kata Rismiyadi.

2. Jenis pisang ini memiliki pasar yang baik

Petani Gunungkidul Kembangkan Pisang Cavendish, Tanam 10 Ribu Bibit Penanaman bibit pisang Cavendish.(Dok.Kominfo Gunungkidul)
Rsmiyadi mengatakan, secara umum pisang Cavendish mirip dengan pisang ambon. Jika dirawat dengan bagus jenis pisang ini memiliki pasar yang baik. Biasanya dijual di supermarket.

“Bibit Cavendish merupakan hasil teknologi kultur jaringan. Jadi semua mempunyai sifat yang sama. Beda jika bibitnya dari bonggol, sifatnya belum tentu sama dengan induknya,” paparnya.
 

Baca Juga: Waduk Beton Gunungkidul: Info Lokasi, Tiket, dan Tips Berkunjung 

3. Bupati minta warga tak hanya tanam pisang Cavendish

Petani Gunungkidul Kembangkan Pisang Cavendish, Tanam 10 Ribu Bibit Bupati Gunungkidul, Sunaryanta.(doc.Kominfo Gunungkidul)
Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mendukung Desa Ngoro-Oro Patuk menjadi kampung hortikultura. Ia berharap tidak hanya pisang yang ditanam di wilayah tersebut, namun juga tanaman lainnya yang bisa dikembangkan.

“Tidak hanya menjadi pusat kunjungan wisata holtikultura namun juga dapat meningkatkan pendapatan petani,” kata Bupati.

Baca Juga: Menyingkap Mitos Pulung Gantung di Gunungkidul yang Bikin Merinding

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya