Pemkab Gunungkidul Tabur 20 Ribu Benih Ikan di 4 Telaga

Ajak masyarakat lestarikan dan menjaga telaga

Gunungkidul, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menebar 20 ribu benih ikan di empat telaga di beberapa wilayah Bumi Handayani. Penebaran benih ikan untuk menjaga ekosistem perairan dari kerusakan dan restocking.

1. Berharap masyarakat lebih bijaksana menangkap ikan

Pemkab Gunungkidul Tabur 20 Ribu Benih Ikan di 4 TelagaPemkab Gunungkidul tebar 20 benih ikan di 4 Telaga.(Dok.Diskominfo Gunungkidul)

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Gunungkidul Rismiyadi mengatakan, empat lokasi pemberian benih di Telaga Pudak/Kedung Jurug di  Giriwungu, Telaga Ngurik di Girisekar, Telaga Wotawati di Pucung dan Telaga Piyaman, Piyaman Wonosari.

"Harapannya masyarakat dapat lebih bijaksana menangkap ikan, secara terukur menggunakan alat penangkapan, dan alat bantu yg ramah lingkungan serta tidak berbahaya maupun dilarang," katanya, Kamis (25/4/2024).

2. Pengelolaan perikanan membawa manfaat ekonomi dan gizi

Pemkab Gunungkidul Tabur 20 Ribu Benih Ikan di 4 TelagaPemkab Gunungkidul tebar 20 benih ikan di 4 Telaga.(Dok.Diskominfo Gunungkidul)

Menurut Rismiyadi, masyarakat diharapkan memahami Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 36 tahun 2023, tentang Penempatan Alat Tangkap dan Alat Bantu Tangkap di Perairan Umum Darat.

"Dengan ekosistem perairan umum darat yang terjaga, maka hasil dari pengelolaan perikanan dapat membawa manfaat ekonomi sekaligus menambah gizi bagi masyarakat sekitar," paparnya.

Baca Juga: 5 Kuliner Legendaris Gunungkidul, Wajib Coba Kalau ke Sana!

3. Ajak masyarakat menjaga dan lestarikan telaga

Pemkab Gunungkidul Tabur 20 Ribu Benih Ikan di 4 TelagaPemkab Gunungkidul tebar 20 ribu benih ikan di 4 Telaga.(Dok.Diskominfo Gunungkidul)

Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengajak masyarakat untuk menjaga dan melestarikan keindahan telaga agar dapat diwariskan kepada generasi selanjutnya. Salah satunya dengan menjaga ekosistem yang ada.

"Kegiatan seperti ini memiliki nilai yang sangat penting serta strategis sekali, utamanya dalam hal untuk meningkatkan kualitas kehidupan dimasa depan agar menjadi lebih baik," katanya.

Baca Juga: Sadranan Park, Spot Rekreasi Terbaru di Gunungkidul

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya