Pecah Kemacetan, Jembatan Kretek 2  Dibuka saat Libur Nataru 

Piknik di pantai selatan, wisatawan hanya bayar 1 kali biaya retribusi

Bantul, IDN Times - ‎Dinas Perhubungan Pemkab Bantul memastikan selama libur Natal dan Tahun Baru jembatan Kretek 2 bakal dibuka untuk mengantisipasi kemacetan yang biasanya terjadi selama libur Nataru.

1. Dishub Bantul ajukan surat permohonan pembukaan Jembatan Kretek 2

Pecah Kemacetan, Jembatan Kretek 2  Dibuka saat Libur Nataru Jembatan Kretek 2.instagram@pemkabbantul

Sekretaris Dinas Perhubungan, Bantul, Singgih Riyadi mengatakan hasil rapat koordinasi antara Dinas Perhubungan dengan Polres Bantul yang turut dihadiri perwakilan pejabat pembuat komitmen (PPK) Jembatan Kretek 2 memastikan selama libur Nataru Jembatan Kretek 2 akan dibuka.

"Jadi nanti Dinas Perhubungan membuat surat permohonan agar Jembatan Kretek 2 dibuka selama libur Nataru. Sudah kita siapkan suratnya," katanya, Sabtu (3/12/2022).

2. Jembatan Kretek 2 menjadi pemecah kemacetan

Pecah Kemacetan, Jembatan Kretek 2  Dibuka saat Libur Nataru Kemacetan di TPR Parangtritis.(IDN Times/Daruwaskita)

Menurutnya pembukaan Jembatan Kretek 2 selama libur Nataru untuk mengantisipasi kemacetan yang biasanya terjadi saat libur Nataru terutama malam tahun baru di kawasan Pantai Parangtritis. "Ya nanti akan kita tempatkan personel kita di titik rawan kemacetan terutama sebelum TPR Pantai Parangtritis hingga Pantai Parangtritis termasuk di Jembatan Kretek 2," paparnya.

"Ketika arus balik kendaraan sudah padat dan berpotensi terjadinya kemacetan, arus lalu-lintas bisa kita alihkan melalui Jembatan Kretek 2," imbuh Singgih .

Singgih memaparkan jika terjadi kemacetan menuju Pantai Parangtritis, arus kendaraan dialihkan melalui Sempalan Pundong menuju Jembatan Soko. "Ya rekayasa jalan seperti sebelumnya. Kita akan koordinasi dengan Polres Bantul dan Satpol PP dalam pengamanan selama libur Nataru," tandasnya.

Baca Juga: Wisata Kano Hutan Mangrove, Tempat Piknik Baru Pantai Selatan Bantul

3. Wisatawan hanya bayar 1 kali biaya retribusi

Pecah Kemacetan, Jembatan Kretek 2  Dibuka saat Libur Nataru Kawasan Pantai Selatan Bantul.(IDN Times/Daruwaskita)

Kasi Promosi dan Destinasi Wisata Pemkab Bantul, Markus Purnomo Adi mengatakan konsekuansi pembukaan Jembatan Kretek 2, wisatawan hanya satu kali membayar tiket retribusi masuk pantai dan bisa menikmati seluruh pantai di kawasan selatan Kabupaten Bantul. Mulai dari Pantai Parangtritis di sisi timur hingga Pantai Baru yang berada di sisi barat Kabupaten Bantul. Kondisi ini pernah diberlakukan saat libur Lebaran. 

"Wisatawan cukup bayar retribusi Rp10 ribu bisa menikmati seluruh destinasi pantai di Kabupaten Bantul," katanya.

Baca Juga: Pantai Kuwaru Bantul: Lokasi, Tips dan Keunikannya  

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya