LLPT V DIY Targetkan 51 Persen PTS Kantongi Akreditasi Unggul

Berharap Permendikbudristek No.53 tahun 2023 ditinjau ulang

Intinya Sih...

  • LLPT Wilayah V DIY menargetkan 51,96% prodi PTS meraih akreditasi unggul dalam 4 tahun
  • Penandatanganan komitmen peningkatan kualitas mutu perguruan tinggi dilakukan di UMY
  • Akreditasi unggul diharapkan memberi pengertian kualitas kepada masyarakat

Bantul, IDN Times - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLPT) Wilayah V, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menargetkan 51,96 persen dari 750 program studi (prodi) di seluruh Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mengantongi predikat akreditasi unggul dalam waktu empat tahun ke depan.

1. Komitmen tingkatkan kualitas mutu perguruan tinggi

LLPT V DIY Targetkan 51 Persen PTS Kantongi Akreditasi UnggulKepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah V, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Setyabudi Indartono.(IDN Times/Daruwaskita)

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah V, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Setyabudi Indartono mengatakan, untuk mencapai target tersebut, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLPT) Wilayah V menggelar penandatanganan komitmen peningkatan kualitas mutu perguruan tinggi tahun 2024, dengan melibatkan pimpinan tertinggi perguruan tinggi swasta dan pimpinan yayasan yang digelar di Kampus Universitas Muhammadiyah (UMY) pada Senin (30/9/2024).

"Jadi penandatanganan komitmen ini merupakan rangkaian dari MoU, sehingga menjadi dasar dan mengikat bersama-sama untuk maju bersama, di seluruh PTS yang ada di DIY " ucapnya.

2. Calon mahasiswa akan memilih program studi yang terakreditasi unggul

LLPT V DIY Targetkan 51 Persen PTS Kantongi Akreditasi UnggulGedung penelitian UMY.(Dok.Humas UMY)

Menurutnya dengan program studi yang memiliki akreditasi unggul, maka ada pengertian dari masyarakat bahwa program studi tersebut berkualitas.

"Jika ingin kuliah maka memilih perguruan tinggi swasta yang punya prodi akreditasi unggul. Sebab seluruh perguruan tinggi swasta secara kelembagaan sudah meraih predikat terakreditasi," ucapnya.

Baca Juga: 100 Hektare Lahan Cabai di Bantul Diserang Hama Patek

3. Berharap peninjauan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Perguruan Tinggi (Permendikbudristek) Nomor 53 Tahun 2023

LLPT V DIY Targetkan 51 Persen PTS Kantongi Akreditasi UnggulRektor UMY, Gunawan Budiyanto.(IDN Times/Daruwaskita)

Sementara Rektor UMY, Gunawan Budiyanto mengatakan, aturan akreditasi perguruan tinggi swasta yang nantinya hanya ada dua yakni terakreditasi dan tidak terakreditasi bagi UMY dan perguruan tinggi swasta lainnya dinilai cukup berat. Menurutnya, perguruan tinggi swasta untuk meraih predikat akreditasi unggul dalam level institusi butuh usaha dan biaya luar biasa.

"Nantinya masyarakat susah untuk membayangkan dua perguruan tinggi yang satu baru berumur lima tahun, yang satunya sudah puluhan tahun dan sama-sama terakreditasi. Harapan kita ada peninjauan terhadap kebijakan itu agar masyarakat tidak bingung," terangnya.

Sementara Setyabudi menerangkan, hal tersebut sudah menjadi kebijakan. LLPT akan mengawal kebijakan tersebut. "Tentunya pemerintah dan stakeholder terkait akan melakukan sosialisasi mana perguruan tinggi swasta yang punya banyak program studi akreditasi unggul," ujarnya.

Baca Juga: Kejadian Truk Tabrak KA Taksaka di Sedayu, KAI Tunggu Polres Bantul

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya