Libur Nataru, Dispar Targetkan 148 Ribu Wisatawan Main ke Gunungkidul

Perbanyak pemasangan rambu larangan mandi di luat

Gunungkidul, IDN Times - ‎Dinas Pariwisata Gunungkidul menargetkan sebanyak 148 ribu wisatawan akan berkunjung ke berbagai objek wisata di Bumi Handayani. Saat libur Natal dan tahun baru, Dinas Pariwisata tidak akan menggelar atraksi wisata, namun kelompok wisata sudah menyiapkan hiburan bagi wisatawan. 

"Kalau target kita wisatawan yang akan berkunjung ke Gunungkidul saat libur Nataru mencapai 148.305, meski Kita tidak membuat atraksi wisata saat libur Nataru," kata Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Muhammad Arof Aldian, Kamis (15/12/2022).

1. Tak menyiapkan atraksi wisata saat libur Nataru‎

Libur Nataru, Dispar Targetkan 148 Ribu Wisatawan Main ke GunungkidulSedekah laut Pantai Baron.(Dok.Kominfo Gunungkidul)

Pihaknya tidak menyiapkan atraksi wisata, namun sejumlah destinasi wisata telah menyiapkan event khusus, antara lain di Pantai Wediombo dan beberapa desa wisata di Gunungkidul.

"Wisatawan juga bisa menikmati atau menyongsong tahun baru dengan cara seperti berkemah hingga menginap di hotel atau homestay yang menawarkan berbagai kelebihan," ujar Arof.

2. Pasang rambu larangan mandi di laut‎

Libur Nataru, Dispar Targetkan 148 Ribu Wisatawan Main ke GunungkidulKawasan Pantai Selatan Bantul.(IDN Times/Daruwaskita)

Menyongsong libur Nataru 2022, pihaknya akan memasang lebih banyak rambu larangan untuk tidak berenang di laut. Pihaknya juga berkoordinasi dengan tim SAR Satlinmas Gunungkidul untuk pengawasan wisata di pantai.
"Pemasangan rambu larangan mandi di laut akan diperbanyak, apalagi saat ini kondisi cuaca tidak bisa diprediksi," ucapnya.

Baca Juga: 7 Aktivitas Seru di Pantai Peyuyon Gunungkidul, Syahdu!

Baca Juga: 7 Homestay di Jogja dengan Pemandangan Alam, Bikin Lupa Pulang

3. Pasang rambu petunjuk jalan ke objek wisata‎

Libur Nataru, Dispar Targetkan 148 Ribu Wisatawan Main ke GunungkidulRekayasa lalu-lintas di Bukit Bintang (Dok.Polres Bantul)

Kepala Bidang Lalu-Lintas, Dinas Perhubungan Gunungkidul, Bayu Susilo Aji mengatakan menyambut Nataru telah melakukan persiapan. Selain koordinasi dengan Polres Gunungkidul dan Dinas Pariwisata, pemasangan rambu penunjuk objek wisata akan diperbanyak. 

"Jalur utama di jalur Jogja-Wonosari, tetap kita siapkan dan memasang tambahan rambu-rambu petunjuk untuk jalur utama dan maupun jalur alternatif," ujarnya.

Pihaknya juga mempersiapkan pemeriksaan angkutan umum terutama antar kota antar provinsi. "Kita sudah melakukan ramp check untuk persiapan angkutan libur Nataru," pungkas Bayu. ‎

Baca Juga: 6 Tempat Terbaik Melihat Ombak di Gunungkidul, Sensasinya Beda

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya