Libur Lebaran, Wisatawan ke Bantul Bisa Lebih 200 Ribu Orang 

Dispar Bantul tak gelar atraksi wisata selama libur Lebaran 

Bantul, IDN Times - ‎Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul optmistis target kunjungan wisatawan selama libur Lebaran akan tercapai. Pemkab Bantul yakin jumlah wisatawan yang berkunjung ke Bantul terhitung mulai tanggal 19 April hingga 1 Mei 2023 akan tercapai bahkan melampaui target 200 ribu wisatawan.

1. Hingga 29 April kunjungan wisatawan mencapai 195 ribu orang

Libur Lebaran, Wisatawan ke Bantul Bisa Lebih 200 Ribu Orang TPR Induk Pantai Parangtritis.(IDN Times/Daruwaskita)

‎Kasi Promosi dan Informasi, Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi, mengatakan kunjungan wisatawan pada tanggal 21-29 April 2023 mencapai 195.301 orang. Jumlah wisatawan itu mampu memberikan sumbangan pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp 1,8 miliar.

Dengan masih ada sisa dua hari libur yakni Minggu (30/4/2023) dan Senin (1/5/2023), kata Markus Purnomo, dipastikan target kunjungan wisatawan saat libur Lebaran akan tercapai bahkan lebih.

"Rata-rata kunjungan wisatawan pada akhir pekan di atas 20 ribu orang sehingga dengan sisa dua hari libur diperkirakan akan ada tambahan sekitar 40 ribuan wisatawan sehingga target 200 ribu wisatawan akan terlampaui," katanya, Minggu (30/4/2023).

2. Pantai Parangtritis masih jadi destinasi wisata paling favorit‎

Libur Lebaran, Wisatawan ke Bantul Bisa Lebih 200 Ribu Orang Atlet surfing berlaga di Pantai Parangtritis.(Daruwaskita)

Pria yang akrab disapa Ipung ini menjelaskan Pantai Parangtritis masih menjadi penyumbang wisatawan yang terbanyak. Bahkan hampir 80 persen wisatawan berkunjung ke Parangtritis dan sisanya pantai yang ada di barat Bantul mulai dari Pantai Samas hingga Pantai Baru.

"Memang Pantai Parangtritis masih menjadi magnet utama bagi wisatawan untuk dikunjungi. Meski pada libur Lebaran tahun ini memakan korban satu wisatawan yang tenggelam dan ditemukan meninggal dunia," ucapnya.

Baca Juga: Wuffy Space, Playground dan Kafe Ramah Anak di Bantul

3. Tak ada atraksi wisata, pengunjung tetap banyak

Libur Lebaran, Wisatawan ke Bantul Bisa Lebih 200 Ribu Orang Pantai Parangkusumo Kabupaten Bantul. IDN Times/Daruwaskita

Selama libur Lebaran 2023 diakui Ipung, Dinas Pariwisata Bantul tidak mengadakan atraksi wisata untuk menarik wisatawan datang. Namun wisatawan tetap berduyun-duyun datang ke Bantul.

"Karena memang tidak ada anggaran, kita tidak membuat atraksi wisata selama libur Lebaran 2023 ini," ujarnya.‎

Baca Juga: 7 Vila di Bantul dengan Kolam Renang untuk Liburan Keluarga

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya