Libur Lebaran 17 Puskesmas di Bantul Tetap Buka

Puskesmas untuk antisipasi kecelakaan hingga ibu melahirkan

Bantul, IDN Times - Selama libur dan cuti Lebaran, Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul menyiagakan sebanyak 17 puskesmas yang memiliki fasilitas rawat inap, tetap buka selama 24 jam.

1. Bantul miliki 27 puskesmas

Libur Lebaran 17 Puskesmas di Bantul Tetap BukaKepala Dinkes Kabupaten Bantul, Agus Tri Widyantara.(IDN Times/Daruwaskita)

Kepala Dinas Kesehatan Bantul Agus Tri Widiyantara mengatakan, pihaknya memiliki 27 puskesmas, 17 di antaranya memiliki fasilitas rawat inap dan 11 puskesmas sisanya nonrawat inap.

"17 puskesmas yang memiliki fasilitas rawat inap ada di 16 kapanewon. Di Kapanewon Bantul yang tidak memiliki fasilitas rawat inap adalah Kapanewon Bantul. Fasilitas kesehatan sudah banyak dan memiliki rawat inap seperti klinik hingga rumah sakit," tuturnya, Rabu (4/4/2024).

2. Antisipasi kecelakaan hingga ibu melahirkan

Libur Lebaran 17 Puskesmas di Bantul Tetap BukaRSUD Panembahan Senopati Bantul.(IDN Times/Daruwaskita)

Dinas Kesehatan dan Instalasi Farmasi mengatur penugasan petugas piket jika terjadi kecelakaan hingga ibu melahirkan.“Rumah sakit dan puskesmas rawat inap, menyelenggarakan pelayanan IGD 24 jam untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan, rujukan kasus maternal neonatal (ibu melahirkan dan bayi), dan kondisi darurat lainnya,” ucapnya.

Baca Juga: Warga Bantul Pilih Beras Bulog, lebih Murah yang Penting Kenyang

3. Layanan kesehatan RSSA Bambanglipuro Bantul

Libur Lebaran 17 Puskesmas di Bantul Tetap BukaDirektur RSUD Saras Adyatma Tri Rahayu(tengah).(IDN Times/Daruwaskita)

Direktur RSUD Saras Adyatma Tri Rahayu mengatakan, selama libur Lebaran, pelayanan persalinan dan rawat inap tetap buka. Sedangkan jadwal pelayanan poli spesialis akan diatur.

“Untuk pelayanan obsteri dan gikenologi buka pelayanan Senin (8/4/2024), anak buka pada Senin (15/4/2024). Pelayanan penyakit dalam pelayanan pada Senin sampai Selasa (8, 9 dan 15 April), bedah buka pada Senin dan Selasa( 8 dan 9 April),” ucapnya.

Baca Juga: Libur Lebaran, PHRI DIY: Kenaikan Harga Kamar Maksimal 60 Persen

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya