Lahan Tebu Seluas 250 Meter Persegi di Sumbermulyo Bantul Terbakar

Tanaman tebu yang terbakar milik PT Madukismo

Bantul, IDN Times - ‎Kebakaran yang terjadi pada hari Rabu (13/9/2023) sekitar pukul 17.50 WIB, menghanguskan lahan tanaman tebu seluas 250 meter persegi di Kalurahan Sumbermulyo, Kapanewon Bambanglipuro, Kabupaten Bantul.

1. Anggota Polsek Bambanglipuro mengetahui adanya lahan tebu terbakar

Lahan Tebu Seluas 250 Meter Persegi di Sumbermulyo Bantul TerbakarKasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry. (IDN Times/Daruwaskita)

Kasi Humas Polres Bantul, I Nengah Jeffry menjelaskan bahwa kejadian kebakaran dimulai saat pelapor Aiptu Dono Indarto tiba di Mapolsek Bambanglipuro dan mendengar suara seperti benda terbakar.

Setelah mendengar suara tersebut, Aiptu Dono langsung melakukan pemeriksaan di sebelah timur Mapolsek Bambanglipuro. Di sana, ia menemukan lahan persawahan yang ditanami tebu terbakar, tepatnya di sebelah pojok arah selatan.

"Pelapor bersama warga berusaha memadamkan api namun api cepat menyebar sebab banyak daun tebu kering hingga mudah terbakar," katanya.

2. Lapor ke Damkarmat BPBD Bantul‎

Lahan Tebu Seluas 250 Meter Persegi di Sumbermulyo Bantul TerbakarLahan tebu di Sumbermulyo Bantul terbakar. (Dok. Polres Bantul)

Setelah upaya pemadaman manual mengalami kegagalan, pihak yang bersangkutan segera melaporkan insiden ini kepada Damkarmat BPBD Bantul. Tak lama berselang, satu unit mobil Damkarmat dari BPBD Bantul tiba di lokasi dan berhasil berhasil memadamkan api.

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut namun api cukup membahayakan sebab diutara lahan terbakar terdapat ruko-ruko," ungkap Jeffry.

Baca Juga: Ditinggal ke Sawah, Rumah Warga Pundong Bantul Ludes Terbakar

3. Lahan tebu merupakan tanah kas desa yang disewa oleh PT Madukismo

Lahan Tebu Seluas 250 Meter Persegi di Sumbermulyo Bantul TerbakarLahan tebu di Sumbermulyo Bantul terbakar. (Dok. Polres Bantul)

Jeffry menambahkan, lahan tebu yang terbakar merupakan bagian dari tanah kas desa yang disewakan kepada PT Madukismo untuk budidaya tebu.

"Untuk kerugian materi berupa tanaman tebu yang terbakar masih dalam perhitungan," katanya.‎

Baca Juga: Tanah Kas Desa Tamanan Bantul Terbakar, Diduga Akibat Bakar Sampah

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya