Kronologi Lengkap Bus Tabrak Truk Mogok di Ring Road Bantul

Penyebab kecelakaan masih diselidiki

Bantul, IDN Times - Kecelakaan antara bus Maju Lancar, truk tronton, dan sebuah sepeda motor di Jalan Ring Road Selatan, Sorowajan, Panggungharjo, Sewon, Kabupaten Bantul, pada Senin (6/11/2022) dini hari mengakibatkan satu orang meninggal dunia, yaitu Ivan Gunari (19), warga Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Selain itu, 10 penumpang bus juga mengalami luka-luka. Dua di antaranya harus menjalani rawat inap di RSUD Panembahan Senopati Bantul. Lantas, bagaimana kronologi kejadian menurut petugas kepolisian?

1. Truk ditabrak hingga terdorong ke jalur lambat

Kronologi Lengkap Bus Tabrak Truk Mogok di Ring Road BantulBus tabrak truk di Jalan Ring Road Bantul. (Dok. Polres Bantul)

Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry, menjelaskan kronologi kecelakaan yang melibatkan bus Maju Lancar bernopol AB 7010 AW, truk tronton (sebelumnya ditulis truk dump) bernopol BE 8690 BJ, dan sepeda motor Honda Vario dengan Nopol AB 6603 TG tersebut. 

Mulanya, truk tronton yang dikemudikan Ahmad Suroto berhenti di jalur cepat di tempat kejadian karena mogok. Sementara, bus yang dikemudikan oleh Wasto Edi melaju dari barat ke timur. Di lokasi kejadian, bus menabrak bagian belakang bak truk. Kerasnya benturan membuat truk terdorong ke jalur lambat dan menabrak sepeda motor yang dikendarai oleh Sigit Purnomo.

"Akibat kerasnya benturan antara bus dan bak truk tronton, kernet bus Ivan Gunari (19) terjepit dan dievakuasi dalam kondisi meninggal dunia. Terdapat luka robek di bagian perut korban. Jenazah selanjutnya di kirim ke RSUD Panembahan Senopati Bantul," tuturnya.

"Untuk penyebab kecelakaan sendiri masih didalami oleh penyidik Satlantas Polres Bantul," imbuhnya.‎

Baca Juga: Bus Tabrak Truk di Ring Road Bantul, Kernet Bus Meninggal

2. Dua penumpang bus menjalani rawat inap di RSUD Panembahan Senopati Bantul‎

Kronologi Lengkap Bus Tabrak Truk Mogok di Ring Road BantulEvakuasi kernet bus terjepit dalam laka antara bus dan truk di Ringroad Selatan, Sewon, Bantul. (Dok. Basarnas Yogyakarta)

Jeffry mengatakan dua penumpang bus yang menjalani perawatan di RSUD Panembahan Senopati Bantul di antaranya Jumiati yang mengalami tangan kiri patah dan Lasinah dengan luka paha kanan atas geser. 

"Sedangkan delapan penumpang lainnya menjalani rawat jalan RS PKU Muhammadiyah Wonosari dengan luka memar di wajah dan lecet-lecet," ujarnya, Senin (6/11/2022).

3. Sopir bus, truk, dan pengendara motor tak mengalami luka-luka

Kronologi Lengkap Bus Tabrak Truk Mogok di Ring Road BantulBus tabrak truk di Jalan Ring Road Bantul. (Dok. Polres Bantul)

Sedangkan sopir bus Wasto Edi (62), warga Gunungkidul, sopir truk tronton Ahmad Suroto (48) warga Kabupaten Lampung, serta pengendara sepeda motor Sigit Purnomo (28) warga Kapanewon Pundong, Kabupaten Bantul tidak mengalami luka-luka.

"Sopir bus dan truk serta pengendara sepeda motor tidak mengalami luka-luka," ungkapnya.

Baca Juga: Perempuan di Bantul Ditemukan Meninggal di dalam Sumur‎

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya