Korban Sengatan Ubur-Ubur di Pantai Gunungkidul Capai 141 Orang

Belasan wisatawan dilarikan ke puskesmas dan rumah sakit

Intinya Sih...

  • Ratusan wisatawan pantai selatan Gunungkidul tersengat ubur-ubur beracun dalam sepekan terakhir.
  • 141 wisatawan harus dilarikan ke puskesmas dan rumah sakit untuk perawatan medis akibat sengatan ubur-ubur.
  • Pihak Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah Operasi II Pantai Baron telah mengantisipasi dengan menyiapkan obat-obatan di posko SAR di setiap pantai.

Gunungkidul, IDN Times - Ratusan wisatawan yang mengunjungi pantai selatan Gunungkidul dalam sepekan terakhir ini mengalami sengatan ubur-ubur beracun. Bahkan, belasan wisatawan harus dilarikan ke puskesmas dan rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis.

1. 141 wisatawan tersengat ubur-ubur beracun

Korban Sengatan Ubur-Ubur di Pantai Gunungkidul Capai 141 OrangIlustrasi wisatawan di pantai.(IDN Times/Daruwaskita)

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah Operasi II Pantai Baron, Marjono, mengungkapkan bahwa sejak tanggal 23 Juni 2024 hingga 1 Juli 2024, total wisatawan yang tersengat ubur-ubur beracun mencapai 141 orang.

"Hari ini (Senin) ada laporan satu wisatawan yang tersengat ubur-ubur beracun di Pantai Sepanjang," katanya, Senin (1/7/2024).

2. Pantai Seruni hingga Pantai Kukup paling banyak wisatawan tersengat ubur-ubur

Korban Sengatan Ubur-Ubur di Pantai Gunungkidul Capai 141 OrangSuasana Pelabuhan Sadeng Gunungkidul.(Daruwaskita)

Menurut Marjono, sebagian besar wisatawan yang tersengat ubur-ubur berada di Pantai Seruni hingga Pantai Kukup di wilayah II. Sementara di Pantai Baron, jumlahnya lebih sedikit karena aliran air di pantai tersebut lebih banyak berasal dari sungai bawah tanah.

"Jadi memang pantai yang banyak pengunjungnya justru paling banyak wisatawan yang tersengat ubur-ubur," tuturnya.

 
Wisatawan yang tersengat ubur-ubur beracun akan merasakan sakit pada kulit yang terkena sengatan. Dalam beberapa kasus, sengatan tersebut bisa menyebabkan sesak napas, sehingga korban harus segera dilarikan ke puskesmas atau rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan medis.

"Dari 141 orang tersengat ubur-ubur ada sekitar 11-an yang dibawa ke Puskesmas atau RSUD Saptosari untuk mengantisipasi hal tidak diinginkan," ujarnya.

3. Petugas SAR sudah antisipasi munculnya ubur-ubur beracun

Korban Sengatan Ubur-Ubur di Pantai Gunungkidul Capai 141 Orangilustrasi obat-obatan (IDN Times/Mardya Shakti)

Marjono menyatakan bahwa pihaknya telah mengantisipasi munculnya ubur-ubur beracun pada bulan Juni hingga Agustus dengan menyiapkan obat-obatan di posko SAR di setiap pantai.

"Obat-obatan sudah mencukupi namun karena ubur-ubur beracun warnanya menarik sehingga dibuat mainan anak-anak yang akhirnya tersengat," tuturnya.

Marjono menambahkan bahwa pihaknya sering mengimbau wisatawan untuk tidak menyentuh ubur-ubur melalui pengeras suara. Namun, imbauan tersebut terkadang diabaikan oleh wisatawan, sehingga mereka akhirnya menjadi korban sengatan ubur-ubur beracun.

"Carilah posko SAR terdekat untuk mendapatkan pertolongan pertama, atau langsung basuh dengan air bersih untuk mengurangi rasa sakit," tutupnya.

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya