Indiria Maharsi, Terinspirasi Ngomik dari Makhluk Gaib

Dosen ISI Yogyakarta ini tuangkan pengalamannya ke komik

Bantul, IDN Times - ‎Berbagai cara dilakukan oleh komikus untuk mendapatkan inspirasi agar dapat dituangkan ke dalam sebuah karya komik. Salah satu cara mendapatkan inspirasi hingga menjadi sebuah karya komik yang tak lazim adalah melalui pengalaman dengan makhluk gaib.

Cara yang dibilang unik dan langka ini dilakukan oleh salah satu komikus Indonesia, Indiria Maharsi, yang kebetulan memiliki kelebihan itu. Karya-karya komik Indiria yang sudah ribuan ini pun tak akan jauh dari pengalaman pribadinya dengan makhluk tak kasatmata tersebut.

1. Menyadari bisa melihat mahkluk gaib sejak SMP

Indiria Maharsi, Terinspirasi Ngomik dari Makhluk GaibKomikus Indonesia Indiria Maharsi. (IDN Times/Daruwaskita)

Ditemui di Galeri RJ Katamsi, Kampus ISI Yogyakarta, Indiria yang juga dosen ISI Yogyakarta mengaku menyadari bisa melihat makhluk  dari alam gaib itu sejak dirinya SMP.

"Saat SMP dulu saya mengejar seseorang yang mirip teman sekolah saya. Namun setelah saya kerja orang yang mirip dengan teman saya itu tiba-tiba hilang," ujarnya, Selasa (21/9/2022).

"Nah pengalaman-pengalaman seperti itu kemudian saya buat dalam sebuah lukisan kemudian hanya saya biarkan begitu saja," imbuhnya.

2. Mulai sering menuangkan pengalamannya ke dalam komik‎

Indiria Maharsi, Terinspirasi Ngomik dari Makhluk GaibKomikus Indonesia Indiria Maharsi. (IDN Times/Daruwaskita)

Seiring dengan berjalannya waktu, dosen ISI Yogyakarta yang kini sedang menempuh pendidikan doktoral ini mengaku mulai berdamai dengan kemampuannya itu.

"Jadi setiap mendapatkan pengalaman bertemu dengan makhluk gaib itu coba saya tuangkan dalam sebuah lukisan (komik) dan itu berlanjut sampai kuliah di ISI Yogyakarta," ungkapnya.

Selama kuliah di ISI tersebut sejumlah pengalaman bertemu dengan mahkluk gaib itu selalu dituangkan dalam sebuah lukisan menjadi sebuah cerita komik kemudian mulai di koleksi sehingga terkumpul banyak komik-komik yang bernuansa dunia lain.

"Suatu saat ketika saya bersama istri mengendarai mobil, kebetulan istri saya yang menyopiri. Tiba-tiba mobil berjalan dengan beban berat sekali sehingga digas pun gak tambah kencang. Istri saya bilang, coba meditasi mungkin nanti akan ketemu penyebab mobil jadi berat sekali jalannya," ungkapnya.

"Kemudian saya bermeditasi dalam mobil ternyata ada seorang laki-laki yang besar duduk di jok mobil bagian belakang. Dia bilang mau numpang sampai terminal Giwangan, nah setelah sampai terminal Giwangan mobil berjalan kembali normal," jelasnya lagi sambil menunjukkan komik yang dibuat berdasarkan kisah mobil ikut ditumpangi makhluk gaib yang sangat besar.

Baca Juga: Thomas Dian Si Pesulap Sepeda Rongsok dari Jogja Jadi Berkelas 

3. Unggah hasil karya ke Instagram‎

Indiria Maharsi, Terinspirasi Ngomik dari Makhluk GaibKomikus Indonesia Indiria Maharsi. (IDN Times/Daruwaskita)

Indiria lantas memanfaatkan media sosial Instagram untuk mengunggah hasil karyanya. Ia mengaku respons yang diterimanya sangat baik sehingga hal itu masih terus dilakukan hingga saat ini.

"Meski komik hampir sebagian besar dari pengalamannya dengan dunia lain namun tak semuanya wujud makhluk gaib itu menyeramkan. Ada yang cantik juga," tuturnya.

Dari komik-komik yang diunggah ke Instagram, sejumlah warganet justru banyak yang berkomentar dan mengirim pesan melalui direct message (DM) bahwa pengalaman yang dialami dirinya ternyata dialami oleh orang lain juga.

"Karya-karya komik yang saya bikin saat ini juga dibuat dalam motion komik yang dapat dilihat melalui kanal Youtube. Ya gambar animasinya cukup sederhana dan dibumbui suara dan musik agar orang yang melihat terhanyut dalam cerita yang disuguhkan," ungkapnya.

4. Perkembangan komik saat ini cukup pesat dan digandrungi anak muda

Indiria Maharsi, Terinspirasi Ngomik dari Makhluk GaibKomikus Indonesia Indiria Maharsi. (IDN Times/Daruwaskita)

Lebih jauh, Indiria mengatakan dengan kemajuan teknologi saat ini maka perkembangan komik cukup pesat bahkan komik saat ini bisa masuk dalam dunia metaverse.

"Anak-anak muda saat bisa membuat komik dengan mudahnya, sebab sudah ada sofware yang mendukungnya. Bahkan ada software bikin kotak-kotaknya (panel) dan kita tinggal menggambarnya," katanya.‎

Baca Juga: Medarrie Works, Pembuat Miniatur Kereta Api dari Hobi Jadi Uang   

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya