Hujan, Kunjungan Wisatawan ke Bantul Turun 

Parangtritis masih jadi objek wisata paling favorit

Bantul, IDN Times - ‎Kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bantul turun drastis. Dari angka 35.143 orang untuk kunjungan dua pekan lalu, mengalami penurunan hingga 6 ribu orang di pekan ini.

"Pada dua pekan lalu, tanggal 10-16 Oktober kunjungan mencapai 35.143 orang, turun 16 persen dibandingkan kunjungan wisatawan tanggal 17 - 23 Oktober," ujar Kasi Promosi dan Destinasi Wisata, Markus Purnomo Adi, Senin (24/10/2022).

1. Hujan jadi faktor penyebab turunnya kunjungan wisatawan

Hujan, Kunjungan Wisatawan ke Bantul Turun Ilustrasi hujan (IDN Times/Arief Rahmat)

Pria yang disapa akrab Ipung ini mengatakan faktor cuaca yakni hujan yang terus mengguyur wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi penyebab kunjungan wisatawan turun. "Saya kita faktor dominan penyebab turunnya kunjungan wisatawan karena faktor alam yakni hujan," ucapnya.

2. Pantai Parangtritis masih jadi objek wisata paling digemari

Hujan, Kunjungan Wisatawan ke Bantul Turun Parangtritis Yogyakarta (unsplash.com/@anggakrnwan)

Ipung mengaku Pantai Parangtritis masih tempat wisata favorit yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. "Dari 22.504 wisatawan yang datang ke Bantul selama tiga hari, yaitu tanggal 21 - 23 Oktober, sebanyak 19.015 wisatawan berkunjung ke Pantai Parangtritis," ungkapnya.

Baca Juga: Santap Jamur So, Belasan Warga Temuwuh Bantul Dilarikan ke Puskesmas

3. Wisatawan dari Jawa Tengah paling banyak berkunjung

Hujan, Kunjungan Wisatawan ke Bantul Turun Ilustrasi turis berkunjung ke pantai.(IDN Times/Daruwaskita)

Sementara mengenai asal daerah wisatawan yang berkunjung ke objek wisata di Bumi Projotamansari, terbanyak dari Jawa Tengah disusul Jawa Timur, Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogayakarta (DIY), Jakarta, Lampung, Bali dan Banten.

"Sedangkan wisatawan yang datang ke kawasan Pantai Parangtritis dan melakukan reservasi melalui visitingjogja mencapai 6.644 orang," ucapnya.‎

Baca Juga: Viral Pedagang Siomai Terjebak di Air Laut Pantai Parangtritis

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya