Harga Beras Turun, Warga Bantul Tetap Buru Beras Bulog

Harga gabah kering giing dari petani masih tinggi

Bantul, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Bantul menyatakan harga beras di pasaran sudah turun hingga Rp1.000 per kilogram. Saat ini harga beras premium yang sebelumnya dijual Rp16 ribu, turun menjadi Rp15 ribu. Sedangkan beras medium menjadi Rp14 ribu per kilogram.

1. Pemkab Bantul minta petani tidak menjual beras ke pedagang di luar daerah

Harga Beras Turun, Warga Bantul Tetap Buru Beras BulogWakil Bupati Bantul, Joko Purnomo.(IDN Times/Daruwaskita)

Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo mengatakan saat ini masih banyak warga yang memburu beras dari bulog, lantaran harganya masih terjangkau dan lebih murah. Ia juga meminta petani tidak menjual beras kepada pedagang di luar daerah. 

"Agar tidak terjadi disparitas harga yang cukup tinggi, Pemkab Bantul melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian meminta kepada petani agar hasil panen padinya tidak dijual kepada pedagang dari luar daerah namun hasil panen padi digunakan untuk swasembada pangan di wilayah Bantul sendiri," ujarnya, Selasa (6/3/2024).

2. Petani menyetujui permintaan pemkab

Harga Beras Turun, Warga Bantul Tetap Buru Beras BulogPetani sedang menjemur gabah hasil panen.(IDN Times/Daruwaskita)

Joko menambahkan di Bantul akan panen raya padi seluas 4 ribu hektare pada bulan Maret dan April. Kesepakatan dengan petani pun sudah dilakukan.

"Sudah terjadi kesepakatan, hanya sebagian kecil saja panen padi petani yang dijual kepada pedagang luar daerah sehingga padi atau beras keluar dari Bumi Projotamansari," imbuhnya.

Baca Juga: Pemkab Bantul: Anggaran Makan Siang Gratis Jangan Dibebankan ke Daerah

3. Harga gabah kering giling di petani mahal

Harga Beras Turun, Warga Bantul Tetap Buru Beras BulogKepala Bidang Ketahanan Pangan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Kabupaten Bantul, Kusumandari.(IDN Times/Daruwaskita)

Kepala Bidang Ketahanan Pangan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Kabupaten Bantul, Kusumandari mengatakan, warga yang masih membeli beras dari Bulog disebabkan harga beras medium dan premium masih terlalu mahal.

"Karena harga masih relatif tinggi maka masyarakat terpaksa membeli beras SPHP yang harga per kilogramnya di kisaran Rp10.200," ujarnya.

Saat ini harga beli gabah kering giling dari petani Rp7.500 per kilogram, ketika diproses menjadi beras maka harga di atas Rp16 ribu," pungkasnya.

 

Baca Juga: Bantul Bakal Panen Raya, Pemkab Ingin Beras Tak Dijual ke Luar Kota

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya