Harga Beras di Bantul Tembus Rp13 Ribu Per Kilogram

TPID Bantul diminta turun tangan atasi kenaikan harga beras

Bantul, IDN Times - ‎Harga beras di Kabupaten Bantul terus naik bahkan saat ini harga per kilo mencapai Rp13 ribu atau naik sebanyak Rp3 ribu. Pedagang beras di Bantul memperkirakan kenaikan harga disebabkan saat ini belum memasuki masa panen.  

1. Kenaikan mulai dari Rp200 per kilogram‎

Harga Beras di Bantul Tembus Rp13 Ribu Per KilogramIlustrasi pedagang beras.(IDN Times/Daruwaskita)

Salah satu pedagang beras di Bantul, Dwi (22) mengatakan kenaikan harga beras mulai berlangsung sejak akhir 2022 yang lalu. Saat itu kenaikannya hanya Rp200 per kilo.

"Harga beras naik sejak keluar PKH pertama awal tahun 2022. Tapi naiknya bertahap mulai Rp200. Sekarang kenaikannya sudah mencapai Rp1.500 sampai Rp2.000 per kilogram," katanya, Jumat (3/2/2023).‎

Harga beras jenis C4, ujar Dwi sebelumnya dihargai Rp9 ribu dari penggilingan dan dijual Rp10 ribu. saat ini Rp12.200 untuk karungan dan eceran dijual Rp13 ribu per kilogram. Beras jenis IR64 dulu Rp9 ribu hingga Rp10 ribu per kilogram kini menjadi Rp11 ribu hingga 12 ribu per kilogram.

"Semua jenis beras mengalami kenaikan," ungkap Dwi. 

Kenaikan harga beras yang cukup tinggi di awal tahun 2023 diduga belum belum ada panen dari petani, sehingga stok beras menipis. "Beras minim sehingga penggilingan juga sepi," imbuh Dwi. 

2. Harga beras jenis mentik Rp14 ribu per kilogram‎

Harga Beras di Bantul Tembus Rp13 Ribu Per KilogramIlustrasi panen padi.(Dok.Istimewa)

Hal senada disampaikan oleh Sumarni, kenaikan beras sekitar Rp2 ribu per kilogramnya. "Harga beras C4 dari Rp10 ribu menjadi Rp 12 ribu per kilogram, beras mentik dari Rp12 ribu menjadi Rp14 ribu per kilogram," ujar Sumami.

Baca Juga: Antisipasi Penculikan Disdikpora Bantul Minta Sekolah Bentuk Tim Piket

3. TPID Bantul diminta turun tangan berikan solusi‎

Harga Beras di Bantul Tembus Rp13 Ribu Per KilogramKetua Komisi B DPRD Bantul, Wildan Nafis.(IDN Times/Daru)

Ketua Komisi B, DPRD Bantul, Wildan Nafis meminta Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Bantul segara turun tangan ke pasar-pasar dan pemasok beras, memastikan penyebab harga beras melambung.

"TPID Bantul harus turun ke lapangan untuk memastikan penyebab pasti harga beras naik, jangan sampai bilang karena belum panen padahal ada penyebab lain di lapangan," ucapnya.

Politisi PAN ini meminta pemerintah segera menstabilkan harga, di saat memasuki bulan Ramadan. 

"Tak lama lagi kita akan memasuki bulan Ramadan, dipastikan kebutuhan pokok masyarakat akan naik. Pemerintah harus cepat menstabilkan harga beras. Beras naik itu belum tentu petani juga untung lho,"tandasnya.‎ 

Baca Juga: Warga Bantul Antusias Jembatan Kretek 2 Hari Ini Dibuka 

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya