Delman Terperosok ke Selokan di Bantul, Kuda Luka-luka

Saat itu, kusir sedang melatih kuda untuk menarik delman

Intinya Sih...

  • Delman bersama kuda penarik, kusir, dan kernetnya jatuh ke selokan di barat Jembatan Salakan.
  • Kusir sedang melatih kuda untuk menarik delman saat kejadian terjadi.
  • Akibat kejadian tersebut, kernet dan kuda penarik mengalami luka-luka.

Bantul, IDN Times - Sebuah delman bersama dengan kuda penarik, kusir, dan kernetnya jatuh ke selokan di barat Jembatan Salakan, tepatnya di Padukuhan Pelajaran, Kalurahan Baturetno, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul pada Senin (26/3/2024) sekitar pukul 10.30 WIB. Akibat kejadian tersebut, kernet dan kuda penarik mengalami luka-luka.

1. Kronologi delman jatuh dalam selokan

Delman Terperosok ke Selokan di Bantul, Kuda Luka-lukaSebuah delman jatuh dalam selokan di Bangunan Bantul.(Dok.Polres Bantul)

Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry, mengatakan insiden tersebut dialami kusir delman Agus Hari Murti (32) dan kernet delman Edi Purnomo (31), keduanya warga Padukuhan Mutihan, Kalurahan Baturetno, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul. Saat itu, mereka sedang melatih kuda untuk menarik delman. Sesampainya di Jembatan Salakan pada jalanan menurun, kuda tidak kuat menahan laju delman sehingga delman oleng ke kiri dan akhirnya jatuh ke selokan dengan ketinggian sekitar tiga meter.

"Jadi kudanya masih usia muda dan baru dilatih menarik delman hingga tidak kuat menahan laju delman pada jalan turunan dan menyebabkan delman jatuh ke selokan," katanya, Senin (26/3/2024).

2. Kernet delman dan kuda penarik delman terluka

Delman Terperosok ke Selokan di Bantul, Kuda Luka-lukaKuda penarik delman yang jatuh di selokan.(Dok.Polres Bantul)

Akibat kejadian tersebut kernet delman mengalami kaki kanan keseleo dan engkel keseleo dan lecet pada tangan. Kusir delman tidak mengalami luka, delman juga mengalami kerusakan ringan.

"Sedangkan kuda yang menarik delman yang ikut terjatuh dalam selokan mengalami luka sobek pada bagian kaki," ujarnya.

3. Warga mengevakuasi delman dan kuda dari dalam selokan

Delman Terperosok ke Selokan di Bantul, Kuda Luka-lukaSebuah delman jatuh dalam selokan di Bangunan Bantul.(Dok.Polres Bantul)

Mengetahui adanya delman yang jatuh dalam selokan warga kemudian membantu untuk mengevakuasi delman dari selokan dan kuda yang menarik delman. "Kuda selanjutnya dibawa ke kandangnya serta diberi obat pada bagian kaki yang mengalami luka sobek dan mengeluarkan darah," tutur Jeffry.

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya