Blokir Jalan Berakhir, Pantai Widodaren Kembali Dibuka   

Sudah ada kesepakatan antara Pokdarwis dan Kalurahan

Gunungkidul, IDN Times - ‎Aksi pemblokiran jalan menuju Pantai Widodaren di Kalurahan Kanigoro, Kapanewon Saptosari, Gunungkidul akhirnya berakhir. Warga yang tergabung dalam kelompok sadar wisata (pokdarwis) Widodaren sepakat membuka blokade jalan dengan batu, setelah terjadinya kesepakatan antara pokdarwis dan pihak Kalurahan Kanigoro.

1. Pemblokiran jalan menuju Pantai Widodaren berakhir

Blokir Jalan Berakhir, Pantai Widodaren Kembali Dibuka   Ilustrasi Bergandengan (IDN Times/Sukma Shakti)

Panewu Saptosari, Eka Prayitna mengatakan mediasi antara kalurahan dan pokdarwis yang berlangsung di kantor Kapanewon Saptosari pada Selasa (24/1/2023) malam telah mencapai sejumlah kesepakatan.

"Mediasi berjalan lancar, kemudian tercapai kesepakatan antara kalurahan dan pokdarwis sehingga blokade jalan dibuka," katanya saat dihubungi wartawan, Rabu (25/1/2023).

2. Polemik tembok di Pantai Widodaren akan dikonsultasikan ke Pemda DIY‎

Blokir Jalan Berakhir, Pantai Widodaren Kembali Dibuka   Jalan menuju Pantai Widodaren ditutup.(Dok.Istimewa)

Menurutnya untuk pagar yang berada di pinggir pantai, akan dikoordinasikan dengan Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Daerah Istimewa yogyakarta (DIY). Jika tembok dinilai menyalahi aturan, yang berhak menegur adalah Pemda DIY.

Pihaknya berharap semua pihak bisa menjalankan kesepakatan yang telah dicapai dan Pantai Widodaren kembali ramai dikunjungi wisatawan. "Kami berharap dengan kesepakatan ini tidak ada lagi muncul masalah ke depannya," ungkapnya.

Baca Juga: Tuntutan Tak Dipenuhi, Warga Tutup Jalan ke Pantai Widodaren

Baca Juga: 10 Panorama Eksotis Pantai Widodaren, Asri Menawan!

3. Mulai Rabu (25/1/2023) wisatawan sudah bisa berwisata ke Pantai Widodaren‎

Blokir Jalan Berakhir, Pantai Widodaren Kembali Dibuka   Ilustrasi wisatawan di pantai.(IDN Times/Daruwaskita)

Salah seorang anggota Pokdarwis, Pantai Widodaren, Mukijo menjelaskan mulai Rabu (25/1/2023) pemblokiran jalan berakhir dan jalan kembali dibuka untuk akses menuju Pantai Widodaren. Pemblokiran oleh warga sendiri berlangsung sejak 16/1/2023 yang lalu.

"Saat ini tidak ada lagi pemblokiran jalan," katanya.

Lurah Kanigoro, Suroso mengatakan hasil kesepakatan bersama maka pihaknya mengakomodir aspirasi dari pokdarwis. Pemkal Kanigoro siap membangun fasilitas kios namun bukan dari bantuan corpotare social responsibility.

"Pembangunan kios akan menggunakan dana desa," ujarnya.‎

Baca Juga: 5 Kafe dengan View Pantai Gunungkidul, Bikin Lupa Pulang!

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya