Belasan Domba Milik Peternak di Sanden Bantul Digasak Maling

Pemilik rugi puluhan juta rupiah

Bantul, IDN Times - Belasan domba milik Kristanto (50), warga Padukuhan Ngepet, Kalurahan Srigading, Kapanewon Sanden, hilang digasak maling pada Rabu (29/5/2024) dini hari. Akibat kejadian tersebut peternak domba merugi puluhan juta.

1. 3 domba pejantan dan 9 indukan hilang

Belasan Domba Milik Peternak di Sanden Bantul Digasak MalingTernak domba milik Kristianto yang digasak maling di kandang kelompok Padukuhan Ngepet Kalurahan Srigading Kapanewon Sanden Kabupaten Bantul.(Dok.Istimewa)

Aksi pencurian belasan kambing yang berada di kandang kelompok Padukuhan Ngepet, terungkap saat peternak kambing pada Rabu (29/5/2024) pagi sekitar pukul 07.00 WIB mendatangi kandang dan hanya melihat satu ekor anakan domba atau cempe. 

"Pagi itu saya ingin mengambil dua ekor kambing untuk disembelih untuk acara tiga tahun peringatan ibu saya meninggal. Namun yang ada hanya ada satu ekor cempe dalam kandang," ucapnya, Rabu(29/5/2024).

"Jadi yang dicuri itu ada tiga domba pejantan dan sisanya sembilan domba indukan. Bahkan ada yang sedang bunting dan akan beranak," imbuhnya.

2. Merugi hingga puluhan juta

Belasan Domba Milik Peternak di Sanden Bantul Digasak MalingIlustrasi domba dalam kandang kelompok (IDN Times/Daruwaskita)

Menurutnya sebelum aksi pencurian domba peliharaannya pada Selasa (28/5/2024) hingga pukul 24.00 WIB, terdapat warga yang ronda tak jauh dari kandang. 

"Tapi saya heran, biasanya domba saya itu kalau mendengar suara sepeda motor atau orang berisik pasti ribut. Tapi malam tadi sama sekali domba saya tidak ribut," tuturnya.

"Kok yang diambil itu domba milik saya, padahal ada sapi di kandang kelompok yang harganya lebih mahal. Saya belum melapor ke Polsek Sanden, tapi petugas dari Polsek sudah datang ke kandang kelompok dan minta keterangan," ucapnya.

Baca Juga: Harga Sapi Tinggi, Pedagang di Bantul Siasati dengan Sistem Barter

3. Belum ada laporan resmi pencurian domba ke Mapolsek Sanden

Belasan Domba Milik Peternak di Sanden Bantul Digasak MalingKasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry (IDN Times/Daruwaskita)

Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry mengatakan korban melaporkan kejadian ke Mapolsek Sanden, petugas sudah datang ke kandang kelompok untuk meminta keterangan terkait aksi pencurian belasan domba.

"Semoga ada titik terang siapa pelaku aksi pencurian belasan domba milik korban. Sebab harga domba juga sedang melonjak jelang Idul Adha," katanya singkat.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Jogja dari Bahan Daging Sapi, Mana Kesukaanmu?

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya