Antisipasi Penculikan Disdikpora Bantul Minta Sekolah Bentuk Tim Piket

Polisi minta jangan menyebar berita yang tidak jelas sumbernya

Bantul, IDN Times - ‎Marak isu penculikan yang menyasar anak sekolah di Kabupaten Bantul, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Pemkab Bantul mengeluarkan surat imbauan untuk semua kepala sekolah institusi pendidikan di Kabupaten Bantul. 

Surat imbauan bernomor 421/224/UM, dikeluarkan oleh Disdikpora Bantul tertanggal 1 Februari 2022 ditujukan kepada kepala sekolah PAUD/TK, SD, hingga SMP di Kabupaten Bantul.

1. Minta sekolah dan orangtua tingkatkan kewaspadaan

Antisipasi Penculikan Disdikpora Bantul Minta Sekolah Bentuk Tim PiketKepala Disdikpora Bantul, Isdarmoko.(IDN Times/Daruwaskita)

Kepala Disdikpora, Bantul, Idarmoko mengatakan pihaknya meminta kepada kepala sekolah untuk meningkatkan kewaspadaan mengawasi dan mengamankan lingkungan sekolah terutama terhadap orang asing atau yang tidak dikenal. 

"Sekolah kita minta membuat imbauan kepada orangtua untuk melakukan antar jemput anak dan lebih waspda serta tidak terlambat menjemput," katanya, Kamis (2/2/2023).

2. Sekolah bentuk tim atau petugas piket

Antisipasi Penculikan Disdikpora Bantul Minta Sekolah Bentuk Tim PiketIlustrasi anak sekolah.(Dok.Polres Bantul)

Selain itu pihaknya meminta sekolah untuk membentuk tim atau petugas piket mengoptimalkan pengawasan saat jam istirahat, esktrakurikuler, dan pulang sekolah. Sekolah harus mengawasi siswa yang menunggu penjemputan dan berkomunikasi kepada orangtua serta wali murid.

"Kita juga memberikan sosialisasi kepada peserta didik terkait kasus penculikan anak dan mitigasi kasus," ungkapnya.

Baca Juga: Antisipasi Penculikan, Orangtua harus Berelasi dengan Masyarakat     

3. Polisi minta jangan menyebar berita yang tidak jelas sumbernya

Antisipasi Penculikan Disdikpora Bantul Minta Sekolah Bentuk Tim PiketKasat Binmas Polres Bantul, AKP Estikomah.(Dok.Polres Bantul

Sementara itu, Kasat Binmas Polres Bantul, AKP Estikomah mengatakan terkait isu penculikan anak yang marak di Bantul, polisi melakukan sosialisasi dan edukasi kepada guru, orangtua agar lebih berhati-hati menyebarkan informasi yang sumbernya tidak jelas.

"Anak-anak juga harus diberikan edukasi agar mereka lebih waspada dan lebih tahu, apa‎ yang harus mereka lakukan ketika menghadapi situasi yang tidak menyenangkan seperti ketemu orang asing yang berniat jahat kepada mereka," katanya.

Pihaknya terus melakukan kegiatan menyambangi sekolah untuk memberikan edukasi. "Kita sudah dua kali menyambangi sekolah dan terus kita tingkatkan dengan berkoordinasi dengan sekolah," ujarnya.‎

Baca Juga: 3 Siswa SD di Sleman Nyaris Jadi Korban Penculikan

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya