Ajang Kitesurfing Internasional Digelar di Laguna Pantai Depok Bantul

Libatkan peserta dari luar negeri

Bantul, IDN Times - ‎Ajang selancar layang bertajuk International Kitesurfing Exhibition #2 diselenggarakan di Laguna Pantai Depok, Kalurahan Parangtritis, Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul. Event ini tidak hanya diikuti oleh peserta dari dalam negeri, tetapi juga diramaikan atlet-atlet mancanegara.

1. Diikuti peserta dari negara Belanda, Lithuania dan Rusia‎

Ajang Kitesurfing Internasional Digelar di Laguna Pantai Depok BantulInternational Kitesurfing Exhibition #2 di Laguna Pantai Depok, Bantul. (IDN Times/Daruwaskita)

Ketua Jogja Kitesurfing Indonesia, Arif Effendi, mengatakan bahwa ajang ini berlangsung selama dua hari, yaitu pada Sabtu (26/8/2023) hingga Minggu (27/8/2023). Menurutnya, International Kitesurfing Exhibition tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

"Bedanya untuk tahun yang lalu pesertanya hanya dari Indonesia namun untuk tahun ini dari luar negeri seperti dari Rusia, Lithuania dan Belanda. Sedangkan peserta lainnya merupakan instruktur kitesurfing dari Bali dan Lombok," katanya, Sabtu .

2. Diharapkan mampu memperpanjang lama tinggal wisatawan asing di Yogyakarta

Ajang Kitesurfing Internasional Digelar di Laguna Pantai Depok BantulIlustrasi kunjungan wisatawan. (IDN Times/Daruwaskita)

Namun demikian, Arif mengungkapkan bahwa hingga saat ini peserta dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) masih belum ada, karena mereka masih dalam tahap latihan kitesurfing yang baru dikenalkan pada tahun 2022.

"Masih baru pada latihan kitesurfing dan lokasi kitesurfing juga bisa dikembangkan di wilayah pantai Gunungkidul dan pantai Kulon Progo," tuturnya.

Pihaknya berharap, melalui penyelenggaraan Internasional Kitesurfing Exhibition #2 ini, akan dapat meningkatkan durasi kunjungan wisatawan di Yogyakarta, khususnya di Kabupaten Bantul.

"Tahun ini kita undang peserta kitesurfing dari luar negeri agar mereka tahu bahwa ada lokasi di Bantul yang bisa digunakan untuk kitesurfing," terangnya. "Kita juga berharap acara ini bisa menjadi daya tarik wisata, khususnya wisatawan asing."

Baca Juga: 10 Ribu Pelajar Bantul Pecahkan Rekor MURI Tari Montro Massal

3. Kenalkan Laguna Pantai Depok sebagai lokasi sport tourism

Ajang Kitesurfing Internasional Digelar di Laguna Pantai Depok BantulBupati Bantul, Abdul Halim Muslih. (IDN Times/Daruwaskita)

Sementara itu, Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, menyambut baik ajang International Kitesurfing Exhibition #2 yang diselenggarakan di Laguna Pantai Depok. Menurutnya, acara ini memiliki potensi untuk meningkatkan sektor pariwisata di Bantul, sekaligus memperkenalkan kepada masyarakat bahwa Bantul memiliki potensi tempat yang dapat dikembangkan untuk sport tourism, khususnya kitesurfing di Laguna Pantai Depok.

"Kita memberikan apresiasi bagi stakeholder terkait yang bersedia turut mengembangkan pariwisata pantai di Kabupaten Bantul. Ini dampaknya tentu perekonomian masyarakat yang juga akan meningkat," katanya.‎

Baca Juga: Pemkab Bantul Masih Anggap Wajar Tiket Masuk Wisata Pantai Rp10 Ribu 

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya