7 Ribu Keluarga di Gunungkidul Kekurangan Air Bersih

BPBD Gunungkidul siapkan 800 tangki air bersih

Gunungkidul, IDN Times - ‎Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunungkidul menyebut sebanyak 7 ribu kepala keluarga di 11 kapanewon tahun ini mengalami kekeringan.

1. Siapkan 800 tangki air bersih untuk warga‎

7 Ribu Keluarga di Gunungkidul Kekurangan Air BersihApel Siaga Darurat Kekeringan di Lapangan Kasatriyan, Gunungkidul, Rabu (30/8/2023).(Dok.Diskominfo Gunungkidul)

Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul, Purwono menjelaskan mengantisipasi bencana kekeringan, pihaknya menyiapkan 800 tangki air bersih untuk diberikan kepada warga yang membutuhkan bantuan.

"Dari 800 tangki air bersih yang kita siapkan, baru terserap kurang lebih setengahnya," katanya di sela-sela acara Apel Siaga Darurat Kekeringan di Lapangan Kasatriyan, Gunungkidul, Rabu (30/8/2023).

2. Persiapan air bersih tahun inidua kali lebih banyak dibanding tahun lalu‎

7 Ribu Keluarga di Gunungkidul Kekurangan Air BersihApel Siaga Darurat Kekeringan di Lapangan Kasatriyan, Gunungkidul, Rabu (30/8/2023).(Dok.Diskominfo Gunungkidul)

Tahun ini pihaknya menyiapkan dua kali lebih banyak air bersih untuk diberikan kepada warga dibandingkan tahun yang lalu.

"Bantuan droping air bersih kepada warga yang membutuhkan, juga dilakukan oleh pihak swasta. Semoga sampai musim kemarau berakhir kebutuhan air bersih warga dapat kita cukupi," ungkapnya.

Baca Juga: Belasan Ribu Rumah Warga Gunungkidul Berstatus Tak Layak Huni

3. Kecukupan air di Gunungkidul mencapai 89 persen‎

7 Ribu Keluarga di Gunungkidul Kekurangan Air BersihBupati Gunungkidul, Sunaryanta.(doc.Kominfo Gunungkidul)

Sementara Bupati Gunungkidul, Sunaryanta berkomitmen untuk meningkatkan kesiapsiagaan penanggulangan bencana kekeringan. "Yang jelas untuk tahun 2023 ini kecukupan air di Gunungkidul mencapai 89 persen," ucapnya.

Baca Juga: Kemarau hingga Oktober, Ratusan Kelurahan Terancam di DIY Kekeringan

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya