255 Ribu Wisatawan Kunjungi Bantul Selama Libur Lebaran

Kunjungan wisata selain ke pantai terbilang turun

Bantul, IDN Times - ‎Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Bantul selama libur Lebaran (21 April--1 Mei 2023) mencapai 255.758 orang. Angka tersebut menyumbang pendapatan asli daerah (PAD) mencapai Rp2,4 miliar dan melampau target kunjungan libur Lebaran 2023 sebesar 200 ribu wisatawan.

1. Maksimalkan penarikan retribusi dengan membuat TPR darurat

255 Ribu Wisatawan Kunjungi Bantul Selama Libur LebaranTPR darurat di Pantai Baru.(IDN Times/Daruwaskita)

Kasi Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi, mengaku lega. Pasalnya, pelaku wisata di Yogyakarta mengeluh kunjungan wisata selama libur Lebaran tak sesuai harapan. Namun, di Kabupaten Bantul kunjungan wisatawan justru melampaui target.

"Tentu ini menjadi kabar gembira di tengah informasi kunjungan wisata selama libur Lebaran di Jogja tak sesuai harapan namun di Bantul justru melebihi target," ungkapnya, Selasa (2/5/2023).

Pria yang disapa akrab Ipung ini mengaku pihaknya sengaja memaksimalkan penarikan retribusi masuk objek wisata pantai di sisi barat Bantul dengan membuat tempat pemungutan retribusi (TPR) darurat yang tak jauh dari pantai dan tidak menggunakan TPR yang telah ada sebelumnya. Hal ini dilakukan mengingat dibukanya Jembatan Kretek 2 sehingga bisa berpotensi terjadinya kebocoran retribusi di TPR.

"Kami maksimalkan dengan pendirian TPR darurat terutama di pantai barat Bantul agar penarikan retribusi bisa maksimal dan tidak ada wisatawan yang lolos membayar saat masuk objek wisata pantai," terang Ipung.

2. Objek wisata selain di pantai mengalami penurunan kunjungan

255 Ribu Wisatawan Kunjungi Bantul Selama Libur LebaranObjek wisata Pinus Sari di Mangunan, Dlingo, Bantul.(IDN Times/Daruwaskita)

Diakui Ipung, selain pantai, objek wisata di Bantul yang dikelola oleh masyarakat mengalami penurunan jumlah pengunjung. Antara lain seperti di objek wisata alam di Dlingo atau yang lainnya.

"Kalau objek wisata alam di Dlingo terjadi penurunan pengunjung salah satu sebabnya adalah ditutupnya jalan utama dari Patuk-Dlingo karena sedang dalam proses perbaikan. Ini sangat berdampak pada kunjungan wisatawan," terangnya.

Baca Juga: Target Wisatawan Meleset, Pelaku Wisata Jogja Bakal Evaluasi  

3. Belum ada laporan kasus nuthuk dari pelaku wisata di Bantul

255 Ribu Wisatawan Kunjungi Bantul Selama Libur LebaranIlustrasi wisatawan di pantai.(IDN Times/Daruwaskita)

Lebih jauh, Ipung mengatakan sejauh ini pihaknya juga tidak mendapatkan laporan dari wisatawan terkait tindakan nuthuk yang dilakukan oleh oknum pelaku wisata seperti harga makanan dan minuman yang tidak wajar hingga biaya parkir yang di luar aturan yang ada.

"Arus kepulangan wisatawan dari objek wisata pantai khususnya dari Pantai Parangtritis terbilang lancar meski ada antrean panjang di traffic light namun tidak terjadi kemacetan," tutupnya.

Baca Juga: Libur Lebaran, Jumlah Wisatawan ke Dlingo Bantul Malah Turun

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya