250 Ribu Wisatawan Bakal ke Bantul, Ini Imbauan Dinas Pariwisata

Keselamatan wisatawan paling utama

Intinya Sih...

  • 250 ribu wisatawan diprediksi kunjungi Bumi Projotamansari saat libur Lebaran 2024
  • Pengelola destinasi air dan alam diminta utamakan keselamatan wisatawan, mengantisipasi cuaca ekstrem
  • Pengunjung diminta adukan ke Dinas Pariwisata jika alami ketidaknyamanan, warung makan di objek wisata harus transparan soal harga

Bantul, IDN Times - Sebanyak 250 ribu wisatawan diprediksi akan mengunjungi berbagai objek wisata di Bumi Projotamansari selama libur Lebaran 2024 yang akan datang. Dinas Pariwisata Pemkab Bantul berharap agar pengelola destinasi wisata khususnya destinasi air dan juga destinasi alam untuk mengutamakan keselamatan wisatawan.

Plt Kepala Dinas Pariwisata, Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo, meminta wisatawan untuk mematuhi imbauan dari petugas saat berkunjung ke objek wisata air termasuk pantai. "Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti terjadinya laka laut yang memakan korban jiwa," katanya, Minggu (31/3/2024).

1. Pengelola destinasi wisata diminta antisipasi adanya potensi bencana

250 Ribu Wisatawan Bakal ke Bantul, Ini Imbauan Dinas PariwisataKepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo.(IDN Times/Daruwaskita)

Menurut Kwintarto, dengan adanya prediksi cuaca ekstrem dan bencana hidrometeorologi selama libur Lebaran, pihaknya mengimbau kepada pengelola objek wisata yang berada di kawasan dataran tinggi, objek wisata air untuk memperhatikan terkait keamanan dan keselatan wisatawan.

Jika ada potensi terjadinya hujan lebat disertai dengan angin kencang, tanah longsor serta terjadinya banjir yang bisa menerjang objek wisata air pengelola harus memperhatikan keselamatan wisatawan.

"Jadi pengelola wisata air, kemudian pengelola wisata yang ada di tebing untuk benar-benar memperhatikan keselamatan wisatawan," ujarnya.

2. Wisatawan diminta jangan buang sampah sembarangan

250 Ribu Wisatawan Bakal ke Bantul, Ini Imbauan Dinas PariwisataIlustrasi sampah gelas plastik, kertas, busa dan lain-lain

Kwintarto menambahkan pengelola wisata dan wisatawan juga diminta kerja samanya terkait Bantul yang saat ini masih dalam kondisi darurat sampah. Pengelola wisata diminta untuk menyiapkan tempat-tempat pembuangan sampah bagi wisatawan dan wisatawan bisa membuang sampah-sampah pada tempat yang telah disiapkan.

"Harapannya nanti ketika sampah dibuang pada tempatnya akan mempermudah pengelola destinasi wisata dalam mengelola sampah dan juga mempermudah kawan-kawan dari Dinas Lingkungan Hidup untuk mengevakuasi sampah," katanya.

Baca Juga: Bantul Bangun Gedung Perpustakaan Baru Senilai Rp10 Miliar

3. Laporkan jika ada tindakan 'nuthuk' oleh pelaku jasa wisata

250 Ribu Wisatawan Bakal ke Bantul, Ini Imbauan Dinas PariwisataKepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto.(daruwaskita)

Kepada para penyelenggara jasa wisata seperti warung-warung makan yang ada di objek wisata selama libur Lebaran diminta tidak mengambil keuntungan sesaat atau 'nunthuk'. Tujuannya agar tidak mencoreng citra pariwisata di Kabupaten Bantul.

"Jangan sampai karena hanya ingin untung semata namun bikin 'buntung' karena wisatawan enggan datang kembali," ujarnya.

Warung-warung atau rumah makan yang ada di objek wisata diharapkan memasang harga menu makanan dan minuman sehingga wisatawan tidak kaget ketika akan membayar.

"Kita tidak ingin di dunia maya viral adanya pedagang di destinasi wisata Bantul yang 'nuthuk' wisatawan dengan menu makanan dan minuman yang dijual jauh dari kewajaran," ucapnya.

Jika wisatawan masih mengalami kejadian tidak menyenangkan, bisa langsung mengadu ke Dinas Pariwisata Bantul.

"Pengunjung bisa mengadu ke kami, caranya dengan mengirim DM ke akun medsos Instagram Dispar di @jelajahbantul.id. Tolong tuliskan sekalian permasalahan ketidaknyamanannya, lokasi di mana dan sebut saja oknumnya untuk mempermudah kami melakukan pelacakan. Agar aduannya nanti segera bisa kita tindaklanjuti," ujarnya.

4. Wisatawan yang berkunjung ke pantai diharapkan mematuhi petugas

250 Ribu Wisatawan Bakal ke Bantul, Ini Imbauan Dinas PariwisataIlustrasi wisatawan di pantai.(IDN Times/Daruwaskita)

Lebih lanjut Kwintarto mengatakan dari target sekitar 250 ribu wisatawan sebagian besar akan berkunjung ke Pantai Parangtritis. Ia meminta dan berharap kepada wisatawan untuk mematuhi imbauan dari petugas SAR sebab pantai selatan Bantul sangat berbahaya karena terdapat palung.

"Kita mohon dan berharap wisatawan jika ingin main air laut atau mandi patuhilah imbauan atau peringatan dari petugas SAR yang sedang berjaga. Kami tidak ingin momen bahagia menjadi duka," jelasnya.

Baca Juga: 7 Nail Art di Jogja, Bikin Penampilan Makin Paripurna

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya