Hanya 2 Kandidat Ekternal yang Daftar Balon Bupati Bantul di DPC PDIP

Halim dan Joko kembalikan formulir pendaftaran berbarengan

Bantul, IDN Times - Hingga batas waktu pengambilan formulir pendaftaran bakal calon bupati Bantul dan bakal calon wakil bupati Bantul di DPC PDI Perjuangan Bantul pada Kamis (25/4/2024) kemarin, baru ada dua kandidat dari eksternal PDIP yang mendaftar.

1. Hanya dua kandidat yang mengambil formulir pendaftaran ke DPC PDIP

Hanya 2 Kandidat Ekternal yang Daftar Balon Bupati Bantul di DPC PDIPKantor DPC PDI Perjuangan Bantul. (IDN Times/Daruwaskita)

Sekretaris Tim Penjaringan Balon Bupati Bantul dan Balon Wakil Bupati Bantul dari DPC PDIP Bantul, Rajut Sukasworo, mengatakan dua kandidat tersebut yakni Bupati Petahana, Abdul Halim Muslih, dan Lurah Canden, Bejo WTP.

"Abdul Halim Muslih mengambil formulir pendaftaran sebagai balon bupati Bantul. Bejo WTP hanya mengambil formulir pendaftaran, namun untuk posisi balon bupati atau balon wakil bupati baru kita ketahui saat pengembalian formulir pendaftaran," ujarnya.

2. Dua kandidat balon bupati Bantul dari internal PDIP

Hanya 2 Kandidat Ekternal yang Daftar Balon Bupati Bantul di DPC PDIPKetua DPC PDIP Bantul, Joko Purnomo.(IDN Times/Daruwaskita)

Sementara, untuk kandidat balon bupati Bantul dari internal PDIP muncul empat nama yakni Joko Purnomo, Aryunadi, Hanung Raharjo, dan Soimah.

"Hanung Raharjo sudah resmi mengundurkan diri sebagai balon bupati Bantul dan Soimah juga menyatakan tak bersedia menjadi kandidat balon bupati Bantul," ungkap calon anggota DPRD DIY terpilih periode 2024-2029 ini.

Lebih lanjut, Rajut memastikan hingga Jumat (27/4/2024) siang belum ada kandidat baik balon bupati dan balon wakil bupati yang mengembalikan berkas formulir pendaftaran.

"Kalau Pak Joko dan Pak Halim rencananya akan mengembalikan formulir pendaftaran pada Sabtu (27/4/2024) besok. Untuk kandidat lainnya kita belum mendapatkan informasi," kata dia.

Baca Juga: PDIP Sebut Soimah Tolak Jadi Balon Bupati Bantul

3. Penyebab minimnya kandidat yang mengambil formulir pendaftaran ke DPC PDIP

Hanya 2 Kandidat Ekternal yang Daftar Balon Bupati Bantul di DPC PDIPKetua Penjaringan Balon Bupati Bantul dan Wakil Bupati Bantul, DPC PDI Perjuangan Bantul, Heru Nugroho. (IDN Times/Daruwaskita)

Sementara Ketua Penjaringan Balon Bupati Bantul dan Wakil Bupati Bantul, DPC PDI Perjuangan Bantul, Heru Nugroho, mengatakan minimnya kandidat yang mengambil formulir pendaftaran balon bupati Bantul dan balon wakil bupati Bantul ke DPC PDI Perjuangan diduga kuat sudah ada calon kuat yang nantinya bakal diusung oleh PDI Perjuangan menjadi balon bupati Bantul dan memiliki elektabilitas yang tinggi di Bantul.

"Joko Purnomo yang kini menjabat Wakil Bupati Bantul dan Abdul Halim Muslih yang menjabat Bupati Bantul dinilai elektabilitasnya paling tinggi sehingga para kandidat lainnya enggan untuk mengambil formulir pendaftaran ke PDI Perjuangan," ujarnya.

Baca Juga: Untoro Hariadi Daftar Balon Bupati Bantul ke Partai Golkar

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya