Wifi Publik di DIY Terus Diperluas hingga Lingkup Terkecil

Diharap bantu aktivitas masyarakat

Yogyakarta, IDN Times - Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY) bekerja sama dengan GMEDIA mendorong aksesibilitas dan keterjangkauan internet bagi masyarakat. Pembangunan akses internet gratis ini dilakukan hingga lingkup terkecil masyarakat.

Perluasan jaringan internet ini menjadi bagian dari program Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) DIY, yaitu Aksesibilitas Jaringan Internet untuk Kemanfaatan dan Keberdayaan Masyarakat Jogja (Aji Mandaya). Salah satu upaya beradaptasi dengan era digital ini diharapkan semakin membantu berbagai aktivitas masyarakat.

1. Perluasan wifi publik terus dilakukan

Wifi Publik di DIY Terus Diperluas hingga Lingkup TerkecilKepala Diskominfo DIY, Hari Edi Tri Wahyu Nugroho. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Kepala Diskominfo DIY, Hari Edi Tri Wahyu Nugroho, mengungkapkan saat ini sudah ada 789 wifi publik yang tersebar di seluruh DIY. "Seluruh kalurahan/desa sudah kita fasilitasi. Target sampai lingkup terkecil," ungkap Wahyu, saat me-launching Aji Mandaya kerja sama Kominfo DIY dan GMEDIA, di Kemantren Wirobrajan, Jumat (26/1/2024).

Wahyu menyebut pembangunan infrastruktur wifi publik ini juga akan terus diperluas. Salah satu yang menjadi target sasaran adalah kawasan selatan DIY. Hal ini selaras dengan visi misi Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, wilayah selatan sebagai bangkitan baru.

Dicontohkan Wahyu salah satu yang akan dibangun untuk penyediaan wifi publik ini yaitu di wilayah Gunungkidul. "Gesing salah satu pelabuhan perikanan akan dibangun (wifi publik). Supaya perekonomian masyarakat meningkat," ujar Wahyu.

2. Danais untuk dukung digitalisasi

Wifi Publik di DIY Terus Diperluas hingga Lingkup TerkecilPaniradya Pati Kaistimewan, Aris Eko Nugroho. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Diketahui pengadaan wifi publik ini juga didukung Dana Keistimewaan (Danais). "Salah satu produk keistimewaan. Rp169 miliar dalam rangka digitalisasi di DIY sampai dengan saat ini," kata Paniradya Pati Kaistimewan, Aris Eko Nugroho.

Aris juga menyebut dukungan Danais untuk digitalisasi ini juga akan terus dilakukan. Ia juga menyoroti kawasan selatan DIY untuk pembangunan infrastruktur internet gratis ini. Diungkapkannya untuk mendukung digitalisasi ini memang perlu sinergi berbagai pihak, termasuk pihak swasta.

Baca Juga: Hati-hati, Modus Penipuan Catut Nama Penjabat Wali Kota Yogyakarta  

3. Warga merasakan manfaat wifi publik

Wifi Publik di DIY Terus Diperluas hingga Lingkup TerkecilLaunching wifi publik kerja sama Kominfo DIY dan GMEDIA, di Kemantren Wirobrajan, Jumat (26/1/2024). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Manager Marketing GMEDIA, Maha Putra Surya Mahendra mengharapkan dengan wifi publik ini memberi kebermanfaatan kepada masyarakat. "Masyarakat semakin sadar atas pentingnya digitalisasi yang ada di Jogja untuk menjawab kebutuhan-kebutuhan digital," ungkap Putra.

Salah satu warga Patangpuluhan, Wirobrajan, Wagiman menyambut baik adanya internet gratis ini. Menurutnya dengan adanya wifi publik bisa mendukung aktivitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) miliknya. "Membantu jualan saya. Terima kasih adanya internet gratis ini, sangat membantu," kata Wagiman.

Baca Juga: Cara Perpanjang SIM di Bus SIM Keliling Yogyakarta

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya