Wake Up Saam, Tempat Makan Penuhi Asupan Sehat Anak Muda di Jogja

Tak hanya makan sehat, aktivitasnya juga menyehatkan

Sleman, IDN Times - Yogyakarta dengan beragam sajian kulinernya sudah dikenal di seantero Nusantara, mulai dari kuliner warisan hingga modern yang mengikuti perkembangan zaman. Hal ini tak bisa dipisahkan karena Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata paling favorit di Indonesia.

Cara untuk menarik perhatian konsumen dilakukan dengan banyak cara, antara lain hadir dengan open kitchen, mengajak pengunjung masuk dapur, hingga terinspirasi dari luar negeri baik penataan ruang maupun olahan menu yang disajikan.

Di kawasan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bagian Utara, tepatnya di Jalan Puntadewa Nomor 173 Seturan, Depok, terdapat sebuah resto yang tergolong baru bernama Wake Up Saam, yang beroperasi mulai tahun ini dan buka di pagi hari pukul 07.00 WIB.

Seperti namanya, resto ini mengajak untuk bangun pagi, menikmati sarapan western style yang disajikan dengan kampanye hidup sehat dan konsumsi makanan sehat.

1. Berupaya memenuhi asupan makanan dan minuman sehat

Wake Up Saam, Tempat Makan Penuhi Asupan Sehat Anak Muda di JogjaSalah satu menu Wake Up Saam. (Istimewa/Wake Up Saam).

Wake Up Saam dikelola dan sekaligus dimiliki oleh tiga pemuda yang bersemangat ketika mendapati banyak resto dan coffee shop sudah menjamur di Yogyakarta. Ada Anto, Mufid, dan Arbi yang juga merangkap sebagai chef. Sementara dua sosok lain tergabung dalam sebuah entitas musik Yogyakarta bernama FSTVLST.

Pola hidup sehat mulai marak saat pandemi Covid-19 di Indonesia, hingga saat ini masih diyakini sebagai kewajiban. Ini yang memantik terbentuknya Wake Up Saam yang akhirnya direalisasikan dengan memenuhi asupan makanan dan minuman sehat (healthy food) sebagai sarapan.

Dikutip laman menu, Wake Up Saam memiliki belasan ragam menu yang terdiri dari appetizer, main course, dan dessert. Untuk memenuhi syarat sahihnya aktivitas sarapan, Wake Up Saam tak abai dengan kopi. Ragam menu minuman yang disajikan, mulai basic coffee, iced, non-coffee, teh, dan olahan rempah berwujud jamu mocktail varian detox yang cukup menarik perhatian.

Uniknya, Wake Up Saam menolak jika tempat mereka disebut sebagai coffee shop, ini juga tercantum tegas di profil akun sosial media.

Menilik lokasinya, Wake Up Saam menyediakan tempat duduk di dalam resto dan di outdoor, ada pula co-working space bagi yang ingin mengerjakan tugas kuliah ataupun pekerjaan lain. Ruang outdoor difungsikan sebagai ruang workshop atau aktivitas kreatif untuk publik.

2. Berbagai aktivitas yang menyehatkan

Wake Up Saam, Tempat Makan Penuhi Asupan Sehat Anak Muda di JogjaSuasana Wake Up Saam. (Istimewa/Wake Up Saam).

Salah satu pemilik, Anto Wibowo mengatakan lahirnya Wake Up Saam adalah tentang upaya menggeser kebiasaan nongkrong malam ke pagi yang diyakini bisa lebih produktif dengan masih segarnya kondisi tubuh, otak, juga udara, didukung mengonsumsi menu-menu sehat dari Wake Up Saam.

"Mayoritas menu makanan di Wake Up Saam disajikan dengan salad, dimasak dengan minyak berkalori rendah, menu daging lebih banyak di-grilled dan smoked, olahan sauce juga dibikin sendiri atau home made, jadi konsep healthy food tetap terjaga harmonis," ujar Anto, Senin (27/3/2023).

Selain menu, aktivitas yang ada di Wake Up Saam juga menyehatkan, tiap Sabtu pagi diadakan kelas Yoga di halaman restonya yang bisa diikuti untuk umum dengan kapasitas terbatas. Tidak menutup kemungkinan akan mengajak komunitas sepeda, running, sampai gym.

Baca Juga: 5 Manfaat Kacang Panjang, Penjaga Kesehatan Pencernaanmu 

Baca Juga: 8 Makanan Sehat Berbagai Negara, Tetap Nikmat 

3. Operasional selama bulan ramadan

Wake Up Saam, Tempat Makan Penuhi Asupan Sehat Anak Muda di JogjaSuasana Wake Up Saam. (Istimewa/Wake Up Saam).

Khusus pada momen Ramadan, Wake Up Saam mengubah jam operasionalnya menjadi pukul 15.00 WIB - 22.00 WIB. "Beberapa menu sehat bisa dipilih sebagai sajian buka puasa," ucap Anto.

Selama operasional Ramadan, tidak semua menu makanan available, karena ada beberapa menu yang khusus hanya untuk breakfast. "Selama Ramadan, seminggu dua kali Wake Up Saam melakukan 'atraksi' berupa bakar-bakaran daging dengan konsep barbeque. Ada 3 menu BBQ yang bisa dipilih, di antaranya vegan,
chicken, dan beef. Kemudian kelas Yoga akan diadakan tiap hari Minggu sore," terang Anto.

Tak lupa Wake Up Saam juga melayani katering menu buka puasa dan sahur, ongkos pengantaran sampai tempatmu secara cuma-cuma alias gratis.

Baca Juga: 5 Alasan Orang Tetap Bertahan dalam Hubungan yang Gak Sehat

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya