Viral Parkir di Stasiun Yogyakarta Rp350 Ribu, Ini Penjelasan KAI

KAI akan lakukan evaluasi

Yogyakarta, IDN Times - Viral di media sosial seorang mempertanyakan tarif parkir VIP Stasiun Yogyakarta yang mencapai ratusan ribu rupiah. Pihak PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 pun memberikan penjelasan soal tarif parkir tersebut.

Dalam akun @merapi_uncover by @viandhusodo tertulis, "Mohon info lurd brp sih tarif parkir vip Stasiun Yogyakarta? tanya mas sek jaga infonya 50rb/jam pertama, berikutnya 25rb/jam. Ini kena 350rb buat parkir 7 jam. Adakah yang tau infonya? Kalau memang benar tdk masalah cuma agak kaget saja. Mohon pencerahan."

1. Layanan parkir tidak dikelola KAI Services

Viral Parkir di Stasiun Yogyakarta Rp350 Ribu, Ini Penjelasan KAITarif parkir di Stasiun Yogyakarta yang viral. (Dok. Istimewa)

Akun X @KAI121 pun memberikan penjelasan terkait tarif parkir tersebut.

"Selamat pagi. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya ya Kak. Setelah Railmin koordinasikan, untuk layanan parkir tersebut tidak dikelola oleh KAI Services (RMU), melainkan pihak mitra yang berkerja sama. Berdasarkan informasi yang Railmin terima, tarif sewa parkir VIP tersebut dikenakan 50 ribu/jam. Petugas pengelola dari mitra tersebut juga sudah menginfokan tarif yang akan dikenakan sebelum Kakak melakukan parkir. Sekali lagi Railmin mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Kakak alami. Railmin berharap hal ini tidak mengurangi antusias Kakak dalam menggunakan layanan kereta api," tulis akun @KAI121.

2. Dikelola mitra KAI dan akan dilakukan penyesuaian

Viral Parkir di Stasiun Yogyakarta Rp350 Ribu, Ini Penjelasan KAIManager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Saat dikonfirmasi Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro, membenarkan kejadian tersebut berada di area parkir Stasiun Yogyakarta. Lebih tepatnya di sisi Selatan area drop zone penumpang pintu selatan. "Tarif sebesar itu diakui pihak pengelola yaitu Sheyco Tour & Travel, salah satu mitra kami," ujar Krisbiyantoro.

Ia mengatakan pihak PT KAI Daop 6 Yogyakarta juga akan meminta kepada pengelola slot parkir mengikuti aturan yang ada. "Kami minta pengelola slot parkir untuk mengikuti Perda Yogyakarta. Kami KAI akan menertibkan para mitra pengguna slot parkir sesuai peruntukannya," ujar Krisbiyantoro.

Baca Juga: Pedagang Pasar di Yogyakarta Sebut Harga Beras Masih Tinggi

3. Evaluasi untuk merevisi tarif

Viral Parkir di Stasiun Yogyakarta Rp350 Ribu, Ini Penjelasan KAIStasiun Yogyakarta. (Dok. Istimewa)

Krisbiyantoro juga mengungkapkan akan ada evaluasi terkait hal ini. PT KAI Daop 6 meminta pengelola merevisi tarif parkir tersebut.

"Kami menghimbau kepada para pengendara yang akan parkir di Stasiun Yogyakarta untuk memastikan area parkir yang akan digunakan. Bisa menggunakan area parkir sisi barat yang dikelola oleh Reska atau KAI Service dengan tarif biasa," ujarnya.

Baca Juga: Tok! Dua Pelaku Mutilasi Mahasiswa UMY Divonis Mati

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya