UPN Veteran Yogyakarta Terima 1.192 Calon Mahasiswa Baru Jalur SNBP

Ada jalur lain bagi yang belum diterima

Intinya Sih...

  • UPNYK terima 1.192 mahasiswa baru melalui jalur SNBP 2024 dari total 12.229 peserta yang memilih UPNYK.
  • Calon mahasiswa yang belum diterima masih bisa mendaftar melalui jalur UTBK-SNBT dan jalur mandiri UPNYK.
  • Peserta yang lulus seleksi jalur SNBP tidak dapat mendaftar seleksi jalur SNBT dan jalur mandiri di perguruan tinggi negeri manapun.

Sleman, IDN Times - Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNYK) menerima sebanyak 1.192 orang calon mahasiswa baru jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun 2024. Total peserta yang memilih UPNYK pada jalur ini sebanyak 12.229 orang.

"Hasil SNBP 2024 diumumkan melalui laman SNPMB https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id atau https://snbp.ui.ac.id. Untuk mengetahui hasil seleksi, calon mahasiswa cukup memasukkan nomor pendaftaran dan tanggal lahir pada laman tersebut," ujar Wakil Rektor Bidang Akademik UPNYK, Suharsono, Jumat (29/3/2024).

1. Masih ada jalur lain bagi yang belum diterima

UPN Veteran Yogyakarta Terima 1.192 Calon Mahasiswa Baru Jalur SNBPGedung UPN "Veteran" Yogyakarta. (Dok. Istimewa)

Suharsono mengucapkan selamat kepada calon mahasiswa baru UPNYK yang lolos seleksi jalur SNBP 2024. "Bagi yang belum berhasil, masih ada kesempatan untuk mendaftar melalui jalur lain, seperti UTBK-SNBT dan jalur mandiri UPNYK," ujar dia.

Suharsono mengungkapkan pendaftaran UTBK-SNBT berlangsung hingga 5 April 2024. Sedangkan jalur Seleksi Mandiri (SM) UPNYK akan dibuka mulai bulan Mei. "Informasi lengkap dapat ditemukan di laman pmb.upnyk.ac.id," terang Suharsono.

2. Tahapan selanjutnya mahasiswa yang diterima

UPN Veteran Yogyakarta Terima 1.192 Calon Mahasiswa Baru Jalur SNBPilustrasi mahasiswa (freepik.com/pressfoto)

Terpisah, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Diktiristek), Prof. Abdul Haris, mengatakan peserta yang dinyatakan lulus seleksi jalur SNBP 2024 tidak dapat mendaftar seleksi jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan jalur mandiri di perguruan tinggi negeri manapun. Ia mengatakan hal ini merupakan salah satu strategi pemerintah untuk meningkatkan angka keterserapan peserta didik ke perguruan tinggi.

Selanjutnya bagi calon mahasiswa UPNYK yang dinyatakan diterima melalui jalur SNBP, diharapkan untuk melakukan registrasi dengan mengunggah dokumen registrasi secara online di laman pmb.upnyk.ac.id pada tanggal 28-31 Maret 2024. Selain itu, peserta SNBP juga diwajibkan untuk mengikuti wawancara sesuai jadwal yang ditetapkan oleh panitia PMB UPNYK. Jadwal wawancara peserta calon mahasiswa baru jalur SNBP 3 April 2024.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Universitas Swasta Terbaik di Yogyakarta 2024

3. UPNYK akan terima 5.960 orang di tahun 2024

UPN Veteran Yogyakarta Terima 1.192 Calon Mahasiswa Baru Jalur SNBPIlustrasi mahasiswa di kampus (Pexels.com/Kampus Production)

Untuk informasi lebih lanjut, kuota penerimaan mahasiswa baru UPNYK tahun 2024 adalah sebanyak 5.960 orang. UPNYK juga menawarkan jalur Seleksi Mandiri (SM) dengan empat skema, yaitu Seleksi Mandiri Berdasarkan Prestasi Wimaya, Seleksi Mandiri Berdasarkan Tes PSL (Potensi Skolastik dan Literasi), Seleksi Mandiri Berdasarkan Kapasitas Bela Negara, dan Seleksi Mandiri Berdasarkan Kerjasama Kemitraan.

Tahun ini, beberapa program studi di UPNYK yang banyak diminati oleh peserta SNBP 2024 adalah Teknik Pertambangan, Manajemen, Ilmu Komunikasi, Teknik Perminyakan, dan Informatika.

Baca Juga: 5 Persiapan Penting Menuju SNBT 2024, Pejuang PTN Harus Tahu!

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya