UIN Sunan Kalijaga Buka Pendaftaran Jalur Prestasi Akademik Nasional

UIN sediakan kuota bagi 4.775 mahasiswa baru semua jalur

Sleman, IDN Times - Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga membuka pendaftaran mahasiswa baru melalui program Seleksi Prestasi Akademik Nasional - Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN). 

Seleksi ini berdasarkan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain berupa portofolio, tanpa ujian tertulis. Biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga siswa tidak dipungut biaya pendaftaran.

 

1. Berbagai jalur masuk dibuka UIN Sunan Kalijaga

UIN Sunan Kalijaga Buka Pendaftaran Jalur Prestasi Akademik NasionalSosialisasi SPAN-UM PTKIN Tahun 2024 di Gedung Prof. RHA. Soenarjo Lantai 1, Senin (26/2/2024). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Wakil Rektor 1, bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan UIN Sunan Kalijaga, Prof. Iswandi Syahputra mengatakan, SPAN-PTKIN dibuka untuk siswa MA/MAK/SMA/SMK/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah/Mu'adalah Muallimin/Mua'dalah Salafiyah yang duduk di kelas terakhir tahun 2024. 

"Masih banyak jalur lainnya bagi calon mahasiswa yang serius ingin masuk ke UIN Sunan Kalijaga," ujar Prof. Iswandi, saat Sosialisasi SPAN-UM PTKIN Tahun 2024 di Gedung Prof. RHA. Soenarjo Lantai 1, Senin (26/2/2024).

SPAN - UM PTKIN menjadi jalur masuk untuk prodik keagamaan. Sementara untuk prodi umum dapat melalui SNBP yang menyediakan kuota 20 persen, dan SNBT menyediakan kuota 15 persen. Keduanya berbasis sistem, kompetinya nasional, bersamaan dengan universitas negeri se-Indonesia. Jalur Prodi Keagamaan, SPAN - PTKIN menyediakan kuota 30 persen, UM - PTKIN 50 persen. Ada lagi jalur mandiri, yang memiliki banyak jalur di antaranya keberagamaman, 3T (Terluar, Tertinggal, Terdalam).

Prof. Iswandi mengatakan Prodi Umum di UIN Sunan Kalijaga, kualitasnya sudah sejajar dengan universitas ternama di Indonesia seperti UGM, ITB atau UI. "Malah UIN Sunan Kalijaga memiliki keunggulan kompetitif, seperti Prodi Komunikasi akreditasinya sudah unggul ditambah akreditasi internasional dari FIBAA," terangnya.

2. Tahapan seleksi SPAN-UM PTKIN

UIN Sunan Kalijaga Buka Pendaftaran Jalur Prestasi Akademik NasionalUIN Sunan Kalijaga. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Ketua ADMISI UIN Sunan Kalijaga, Aulia Faqih Rifa’i menjelaskan, mengawali pelaksanaan SPAN-UM PTKIN, dilakukan pengisian data oleh sekolah di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) mulai 22 Januari - 10 Februari 2024, melalui laman https://pdss.ptkin.ac.id. Saat ini, siswa yang sudah terdaftar di PDSS dapat melakukan pendaftaran hingga 15 Maret 2024 melalui laman https://siswa.ptkin.ac.id menggunakan NISN dan email aktif.

"Kemudian validasi akan dikirim ke email siswa. Siswa yang mendaftar, login kembali pada laman https://siswa.ptkin.ac.id untuk mengecek data dan nilai rapor yang telah diisikan di PDSS. Jika terdapat data dan nilai yang salah, siswa dapat menghubungi pihak sekolah," kata Aulia Faqih.

Selanjutnya siswa mengupload rapor kelas 10 (semester 1 dan 2 ), kelas 11 (semester 1 dan 2), dan kelas 12 (semester 1), serta prestasi tambahan. Siswa dapat memilih dua PTKIN dengan memilih dua program studi yang diminati pada masing-masing PTKIN.

"Urutan pilihan PTKIN dan program studi menyatakan prioritas pilihan. Setelah semua proses selesai, jangan lupa untuk mencetak bukti pendaftaran. Hasil seleksi jalur SPAN-PTKIN akan diumumkan pada tanggal 2 April 2024 pada laman https://pengumuman-span.ptkin.ac.id dengan memasukkan nomor pendaftaran," ujar Aulia Faqih.

Baca Juga: Jejak Sejarah Keraton Kerto di Bantul Musnah Akibat Kebakaran

3. UIN Sunan Kalijaga sediakan daya tampung 4.775 mahasiswa baru dari semua jalur

UIN Sunan Kalijaga Buka Pendaftaran Jalur Prestasi Akademik NasionalSPAN PTKIN UIN Sunan Kalijaga. (Dok. Istimewa)

Lebih lanjut  Aulia Faqih menjelaskan, UIN Sunan Kalijaga merupakan PTKIN pertama yang terakreditasi Unggul dan menjadi perguruan tinggi dengan pendaftar terbanyak jalur SPAN-PTKIN tahun 2022 dan 2023. Pada tahun 2024, UIN Sunan Kalijaga menyediakan daya tampung sebanyak 4.775 kuota untuk mahasiswa baru dari semua jalur. Sementara untuk jalur penerimaan nasional SPAN PTKIN, UIN Sunan Kalijaga menyediakan kuota sebanyak 575 kursi dan kuota lebih besar pada jalur UM-PTKIN sebanyak 1.439 kursi.

Berbeda dengan SPAN-PTKIN yang menggunakan nilai rapor dan portofolio, proses seleksi pada jalur Ujian Masuk-Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) menggunakan ujian berbasis Sistem Seleksi Elektronik (SSE) yang bisa diikuti oleh lulusan MA/SMA/SMK/Pesantren Mu’adalah/sederajat tahun 2022, 2023, dan 2024.

"Pada tahun 2024, UM-PTKIN diselenggarakan secara luring. Titik lokasi ujian dipilih oleh peserta dan menggunakan aplikasi SSE yang merupakan aplikasi ujian yang menggunakan komputer. Jadi, pelaksanaan ujian tidak lagi menggunakan kertas (paperless), baik untuk naskah soal maupun lembar jawaban," kata Aulia.

Pendaftaran jalur UM-PTKIN pada laman https://um.ptkin.ac.id akan dibuka pada tanggal 17 April 2024 pukul 08.00 WIB sampai dengan 15 Juni 2024 pukul 15.00 WIB. Pada jalur ini calon peserta ujian harus membayar biaya pendaftaran sebesar Rp200 ribu dengan pilihan maksimal tiga prodi. Peserta wajib menyelesaikan pendaftaran hingga cetak kartu peserta ujian SSE pada 19 Juni 2024 pukul 15.00 WIB. Untuk ujian SSE akan dilaksanakan pada tanggal 24 Juni - 30 Juni 2024, sesuai dengan tanggal dan titik lokasi yang tertera di kartu. Peserta akan diberikan materi ujian yang terdiri dari tes potensi akademik, penalaran matematika, literasi membaca, dan literasi ke-Islaman. Hasil ujian diumumkan tanggal 8 Juli 2024.

"Ada 44 program studi sarjana yang ada di UIN Sunan Kalijaga, terdiri dari 19 program studi umum dan 25 program studi kegamaan," kata Aulia.

Baca Juga: 5 Tempat Beli Roti Sourdough di Jogja, Variannya Beragam Bikin Kalap

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya