Tren Baik Berlanjut, Kunjungan Wisman ke DIY Terus Naik

Pasca pandemi COVID-19 melandai tren membaik

Yogyakarta, IDN Times - Badan Pusat Statistik Daerah Istimewa Yogyakarta (BPS DIY) mencatat kenaikan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke DIY naik pada April 2023 dibanding bulan sebelumnya. Kenaikan jumlah wisman di DIY mulai terlihat sejak pandemi COVID-19 mulai mereda.

"Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke DIY pada bulan April 2023 naik 11,68 persen dibandingkan Bulan Maret 2023, yaitu dari 5.007 kunjungan menjadi 5.592 kunjungan," ujar Kepala BPS DIY, Herum Fajarwati, Rabu (7/6/2023).

1. Pasca pandemi kunjungan wisman meningkat

Tren Baik Berlanjut, Kunjungan Wisman ke DIY Terus NaikIlustrasi wisatawan mancanegara. (dok. Lion Air Group)

Pola kedatangan wisatawan mancanegara ke DIY melalui pintu masuk Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) pada tahun 2021 dan 2022 terlihat berbeda. Pandemi memukul perkembangan pariwisata di DIY, termasuk kunjungan wisatawan mancanegara. 

Penutupan pintu masuk bagi penerbangan internasional berdampak pada nihilnya kunjungan wisatawan mancanegara selama tahun 2021. Pergerakan kunjungan wisatawan mancanegara mulai terlihat seiring dibukanya pintu kedatangan penumpang internasional pada Bulan April 2022. 

"Tercatat 35 wisatawan mancanegara yang masuk melalui Bandara Internasional Yogyakarta. Bahkan pada Bulan Mei jumlah kunjungan naik lebih dari tujuh kali lipat dibandingkan dengan bulan sebelumnya," ujar Herum.

2. Tren baik di tahun 2023

Tren Baik Berlanjut, Kunjungan Wisman ke DIY Terus NaikYogyakarta International Airport (YIA). (IDN Times/Paulus Risang)

Tren kenaikan wisman kembali terlihat pada Bulan Juni dan Juli. Sebaliknya pada Bulan Agustus terjadi penurunan jumlah kunjungan. Kunjungan wisman kembali mengalami kenaikan di Bulan September dan berlanjut hingga Bulan November 2022. Kenaikan signifikan juga terjadi di Bulan Desember 2022, dengan jumlah kedatangan sebesar 5.169 kunjungan atau naik hampir tiga kali lipat dari bulan sebelumnya.

Memasuki awal tahun 2023, kedatangan wisatawan mancanegara tercatat sebanyak 3.883 kunjungan. Berturut-turut dari Februari hingga April, kunjungan wisatawan mancanegara menunjukkan tren positif. Pada Bulan April tercatat 5.592 wisatawan mancanegara berkunjung ke DIY atau naik 11,68 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Baca Juga: Pameran Linimasa Prangko, Merekam Jejak Jogja dan Malioboro

3. Negara asal wisman yang mendominasi ke DIY

Tren Baik Berlanjut, Kunjungan Wisman ke DIY Terus NaikBandara YIA Kulon Progo. (IDN Times/Daruwaskita)

Sepuluh negara asal wisatawan mancanegara yang mendominasi kunjungan ke DIY pada periode Januari-April 2023 yaitu Malaysia, Singapura, Tiongkok. Kemudian, Amerika Serikat, India, Inggris, Jerman, Perancis, Jepang, dan Belanda. 

"Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dari sepuluh negara tersebut mencapai 74,14 persen dari jumlah seluruh kunjungan wisatawan mancanegara selama Januari hingga April 2023," kata Herum.

Baca Juga: Viral Penumpang Terjepit Pintu KA Bandara YIA, Ini Kronologinya

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya