TNI Bersama Warga Sleman Bangun Talud dan Rumah Tak Layak Huni

TMMD Sengkuyung Tahap II TA 2024 Dibuka

Sleman, IDN Times - Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II TA 2024 Kabupaten Sleman kembali dibuka pada Rabu (8/5/2024). Program TMMD dinilai mampu menggerakan dan membantu pembangunan infrastruktur di desa.

TMMD dibuka oleh Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, di lapangan Argomulyo, Kapanewon Cangkringan. Danang mengaku senang dengan dibukanya kembali program TMMD Sengkuyung di Kabupaten Sleman.

Kegiatan yang dilakukan dalam TMMD seperti pembuatan talud jalan, dan pembangunan Rumah Tidak Layak Huni.

1. TMMD bantu gerakkan perekonomian masyarakat

TNI Bersama Warga Sleman Bangun Talud dan Rumah Tak Layak HuniWakil Bupati Sleman, Danang Maharsa. (Dok. Istimewa)

Danang menyebut program ini telah mampu menggerakan dan membantu pembangunan infrastruktur di desa. Melalui kegiatan TMMD ini, diharapkan dapat membantu menggerakkan roda perekonomian masyarakat di Kabupaten Sleman. "Program TMMD Sengkuyung ini diharapkan dapat mewadahi aspirasi dan kebutuhan masyarakat di daerah pedesaan secara cepat dan tepat," katanya.

Untuk itu, Danang mengucapkan apresiasi dan terima kasih atas kolaborasi antara TNI, Polri, Pemerintah Kabupaten Sleman dan juga masyarakat melalui program TMMD ini. Danang berharap hasil kolaborasi ini dapat memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

2. Sasar pembangunan fisik dan non fisik

TNI Bersama Warga Sleman Bangun Talud dan Rumah Tak Layak HuniProgram Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II TA 2024 Kabupaten Sleman kembali dibuka pada Rabu (8/5/2024). (Dok. Istimewa)

Komandan Kodim (Dandim) 0732/Sleman, Letkol Arm Danny A.P Girsang menerangkan kegiatan ini menyasar pembangunan fisik dan non fisik. Untuk pembangunan fisik di antaranya pembuatan talud jalan dan badan jalan sepanjang 390 meter, dan pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak dua rumah.

Adapun sasaran non fisik meliputi penyuluhan stunting dengan meningkatkan peran Posyandu dan Posbindu Penyakit Tidak Menular (PTM). Selain itu juga diadakan penyuluhan wawancara kebangsaan dan penyuluhan Kamtibmas, kejahatan jalanan serta bullying.

3. TMMD merupakan kolaborasi TNI dan warga

TNI Bersama Warga Sleman Bangun Talud dan Rumah Tak Layak HuniProgram Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II TA 2024 Kabupaten Sleman kembali dibuka pada Rabu (8/5/2024). (Dok. Istimewa)

Dijelaskan bahwa TMMD Sengkuyung Tahap II TA 2024 dilaksanakan mulai 8 Mei 2024 - 6 Juni 2024. Pengerjaan pembangunan pada program ini dilakukan oleh 1 SST (Satuan Setingkat Peleton) TNI dibantu masyarakat setempat.

Kegiatan ini menghabiskan dana sebesar Rp450 juta, yang bersumber dari APBD DIY sejumlah Rp75 juta, dan APBD Kabupaten Sleman sebanyak Rp375 juta.

Baca Juga: 3 Kawasan Kumuh di Kota Jogja Mulai Ditata

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya