Tekan Angka Pengangguran di Jogja, Sejumlah Peluang Kerja Dibuka  

JobStreet Express buka peluang kerja di Jogja

Yogyakarta, IDN Times - Upaya menekan angka pengangguran di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dilakukan dengan penyediaan lapangan pekerjaan.

JobStreet Express, bagian dari JobStreet by SEEK, teknologi pencarian kerja di Indonesia, hadir di gelaran Job Fair yang berlangsung di Transmart Maguwo, beberapa hari yang lalu. Kehadiran ini merupakan bagian dari strategi untuk memperkenalkan layanan JobStreet Express guna mempertemukan perusahaan dengan pekerja semi-terampil untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di berbagai wilayah di Indonesia.

1. Potensi lowongan kerja di Jogja meningkat

Tekan Angka Pengangguran di Jogja, Sejumlah Peluang Kerja Dibuka  Ilustrasi Tugu Pal Putih Yogyakarta (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Head of JobStreet Express, Woon Hann Khoo menyebut potensi lowongan kerja di Jogja dan sekitarnya dari berbagai sektor industri semakin meningkat. Kondisi tersebut seiring dengan melonjaknya kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara ke Jogja dalam beberapa bulan terakhir pasca meredanya pandemi Covid-19.

"Kami berupaya merespons hal tersebut dengan membantu para pencari kerja agar bisa memperoleh pekerjaan sesuai bidangnya. Disisi lain pengusaha juga mendapatkan kandidat yang tepat dan cepat,” ungkap Woon Hann Khoo, Senin (24/7/2023).

2. Tantangan penyediaan lapangan pekerjaan

Tekan Angka Pengangguran di Jogja, Sejumlah Peluang Kerja Dibuka  ilustrasi Tenaga Kerja Indonesia (IDN Times/Nathan Manaloe)

Woon Hann Khoo menjelaskan jumlah penduduk DIY mencapai angka 3.668.719 orang dengan persentase penduduk usia produktif menyentuh angka 70,04 persen. Jumlah tersebut menghadirkan tantangan dalam penyediaan lapangan kerja. 

"Positifnya, meningkatnya pariwisata di Jogjakarta pada 2023 turut mendongkrak permintaan SDM khususnya di bidang ekonomi kreatif, perhotelan, dan hospitality," ujarnya.

Hadirnya JobStreet Express dengan lebih dari 20.000 mitra perusahaan di Bali, Bandung, Jogja dan Surabaya, diharapkan dapat turut membantu program pemerintah dalam mengatasi angka pengangguran, yang mencapai 7,99 juta orang per Februari 2023. Hingga saat ini, JobStreet Express telah memiliki lebih dari 10 ribu iklan lowongan kerja aktif dalam platform-nya.

Baca Juga: Pelaku Wisata Khawatir Masalah Sampah Ganggu Citra Jogja

3. JobStreet Express buka peluang kerja

Tekan Angka Pengangguran di Jogja, Sejumlah Peluang Kerja Dibuka  ilustrasi Tenaga Kerja Indonesia (IDN Times/Nathan Manaloe)

Langkah JobStreet Express untuk mengembangkan platform-nya di Jogja tidak lepas dari keberhasilan kerja sama dengan berbagai pihak mulai dari lembaga pemerintah, asosiasi usaha, komunitas, perusahaan swasta, dan masyarakat.

“Upaya kolaborasi yang dilakukan JobStreet Express di berbagai kota, khususnya Jogjakarta adalah komitmen kami dalam meningkatkan SDM di usia produktif yang menyentuh angka 70 persen, di mana kami membuka peluang memperbanyak lowongan kerja sehingga turut mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia,” ujarnya.

Baca Juga: 5 Tempat Makan Sate Sapi di Jogja, Kuliner Unik yang Nikmat

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya