Taman Wisata Candi Gelar Liburan Seru Kumpul Bocah Selama Sebulan

Taman wisata candi diprediksi dikunjungi 354.812 wisatawan

Yogyakarta, IDN Times - PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (PT TWC) menghadirkan beragam aktivitas untuk memeriahkan musim liburan sekolah di bulan Juni-Juli tahun 2023.

Agenda seni, budaya dengan nilai-nilai historis khas destinasi heritage, menjadi aktivitas wisata yang menarik untuk dinikmati. Wisatawan tidak hanya merasakan kegembiraan dalam berekreasi, juga mendapatkan experience value yang tak terlupakan. 

Di musim liburan kali ini, anak usaha Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung atau PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) yang biasa disebut InJourney ini menghadirkan program Liburan Seru 'Kumpul Bocah' di destinasi Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, Keraton Ratu Boko serta Teater dan Pentas Ramayana Prambanan, dari tanggal 23 Juni - 20 Juli 2023. PT TWC menyediakan ruang bagi wisatawan untuk menciptakan momen bersama keluarga, guna mengisi liburan sekolah. Aktivitas yang bisa dinikmati adalah kegiatan budaya dan sejarah di Borobudur, seni dan sosial di Prambanan, serta bersantai menikmati keindahan alam Ratu Boko.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono, menyampaikan bahwa program-program pariwisata yang dilaksanakan oleh InJourney Group diharapkan dapat meningkatkan minat kunjungan wisatawan. Dengan begitu diharapkan mendongkrak kembali serta mempercepat pertumbuhan pariwisata dalam negeri pasca pandemik.

"Kami berupaya untuk menciptakan atraksi dan hiburan sebagai magnet yang menarik bagi para pengunjung, hal ini tentu merupakan komitmen kami dalam rangka boosting pemulihan pariwisata khususnya untuk membangkitkan potensi wisata keluarga di Indonesia terutama pada saat libur sekolah saat ini," kata Maya, Minggu (25/6/2023).

1. Suguhan di Borobudur dan Prambanan

Taman Wisata Candi Gelar Liburan Seru Kumpul Bocah Selama SebulanProgram Liburan Seru 'Kumpul Bocah'. (Dok. Istimewa)

Destinasi Taman Wisata Candi Borobudur mengusung konsep Culture and History, menyuguhkan Workshop ‘Jataka’ pada 26 Juni - 9 Juli 2023 yang berlokasi di area Museum Kapal Samudraraksa. Kumpul Bocah di Borobudur Memasuki Dunia Jataka hadir dalam empat tema kegiatan, yaitu workshop membatik dan gerabah, workshop mewarnai topeng dan payung, story telling dan membuat wayang jataka, serta dolanan anak.

Destinasi Taman Wisata Candi Prambanan mengusung konsep art and social, menyuguhkan Pasar Medang Prambanan Nyawiji pada 30 Juni - 16 Juli 2023 yang berlokasi di selatan Museum Prambanan. Kegiatan ini dilengkapi dengan dolanan anak tradisional, pertunjukan musik anak, dan junior archaeologist.

PT TWC juga berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan & Kebudayaan Sleman serta SMA Kalasan menghadirkan Pentas Kesenian Siswa pada 30 Juni - 16 Juli 2023, yang berlokasi di area Pasar Medang Prambanan Nyawiji. Adapun Pentas Kesenian Siswa tersebut meliputi performance wayang orang, wayang dalangan (wayang topeng), dan wayang kulit.

Untuk memanjakan wisatawan di bidang kuliner, PT TWC juga menghadirkan SERBU (Serba Sepuluh Ribu) Package, yang menyuguhkan jajanan khas anak-anak dengan harga merakyat. Paket Serbu ini dapat dinikmati selama agenda Lliburan Sekolah Kumpul Bocah periode 23 Juni - 20 Juli 2023.

2. Keraton Ratu Boko dan Pentas Ramayana Prambanan

Taman Wisata Candi Gelar Liburan Seru Kumpul Bocah Selama SebulanProgram Liburan Seru 'Kumpul Bocah' PT TWC. (Dok. Istimewa)

Destinasi Taman Wisata Keraton Ratu Boko mengusung konsep Leisure, menyuguhkan Pasar Medang Ratu Boko Nyawiji pada 23 Juni - 20 Juli 2023 yang berlokasi di Loading Dock Area Ratu Boko. Adapun ragam kegiatan dilengkapi dengan dolanan anak tradisional, dan kesenian tradisional. Sama halnya dengan Prambanan, PT TWC juga menghadirkan SERBU (Serba Sepuluh Ribu) Package, yang menyuguhkan jajanan khas anak-anak dengan harga merakyat. Paket Serbu ini dapat dinikmati selama masa Liburan Sekolah Kumpul Bocah periode 23 Juni - 20 Juli 2023.

Destinasi teater dan pentas Ramayana Prambanan juga mengusung konsep art and social, menghadirkan Girli Piknik Hadangan Harang pada 26 Juni - 20 Juli 2023, berlokasi di Deck Panggung Kinnara Kinnari Riverside Teater Pentas. Dengan banderol harga Rp120 ribu per pax, wisatawan dapat menikmati live cooking ‘Bebakaran’ dan suguhan minuman tradisional, sambil menikmati keindahan view Candi Prambanan di waktu senja.

Baca Juga: Candhari Heaven, Restoran Berlatar Menawan dekat Candi Prambanan

3. Gandeng UMKM di sekitar candi

Taman Wisata Candi Gelar Liburan Seru Kumpul Bocah Selama SebulanProgram Liburan Seru 'Kumpul Bocah' PT TWC. (Dok. Istimewa)

Program Liburan Seru Kumpul Bocah ini, PT TWC menggandeng komunitas UMKM di sekitar kawasan wisata. Aneka jajanan istimewa, dari tradisional hingga kudapan kekinian, dihadirkan dengan harga terjangkau. Berbagai produk unggulan dari UMKM lokal dan pedagang kios wisata ini dikurasi dan disajikan kepada wisatawan melalui langgam khas Pasar Medang Nyawiji, pasar otentik yang hadir di destinasi PT TWC.

Pasar Medang Nyawiji menghadirkan semangat lokalitas untuk hadirkan produk dan layanan berkualitas. “Liburan sekolah ini merupakan momentum untuk mengenalkan beragam atraksi dan paket wisata yang menarik bagi wisatawan, terutama di kalangan anak-anak dan juga keluarga. Kami hadirkan destinasi yang ramah anak, melalui atraksi yang menghibur, edukatif serta memberikan ruang untuk berkreasi bersama keluarga dan sahabat tercinta,” jelas Direktur Pemasaran, Pelayanan dan Pengembangan Usaha PT TWC, Hetty Herawati di Yogyakarta.

Pada musim libur sekolah ini, destinasi TWC diprediksi dikunjungi sebanyak 354.812 wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Kunjungan ini memberikan kontribusi sekitar 53 sampai 71 persen dari kunjungan reguler di hari biasa.

Baca Juga: Digelar 6 Hari, Prambanan Jazz 2023 Hadirkan 9 Musisi Mancanegara

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya