Sultan Mengaku Tak Arahkan Anak Istri ke Salah Satu Capres

Sultan sebut istrinya pun tak tahu siapa presiden pilihannya

Yogyakarta, IDN Times - Tiga Calon Presiden yang berkontestasi di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 bersilaturahmi ke Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam waktu yang berbeda. Sultan mengaku tidak pernah mengarahkan anggota keluarganya untuk memilih salah satu calon, ia memberi kebebasan untuk memilih.

"Saya ini sama istri, sama anak pun tidak pernah saya arahkan kok, karena dia punya hak sendiri," ungkap Raja Kraton Yogyakarta itu, di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Rabu (24/1/2024).

1. Menyerahkan masing-masing individu untuk memilih

Sultan Mengaku Tak Arahkan Anak Istri ke Salah Satu CapresPaslon Nomor Urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, menemui Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X. (IDN Times/Herlambang Jati)

Sultan mengungkapkan menentukan pilihan dalam Pilpres 2024 tersebut merupakan bagian dari hak asasi manusia. Ia menyebut menyerahkan pada istri maupun anaknya dalam pesta demokrasi ini

"Secara asasi untuk menentukan pilihan terserah aja," ungkap Sultan.

2. Nyoblos atau tidak urusan pribadi

Sultan Mengaku Tak Arahkan Anak Istri ke Salah Satu CapresPertemuan Capres Ganjar Pranowo dengan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Disebut Sultan bahwa dia juga mempersilahkan kepada keluarganya jika pun tidak akan memilih. Menurutnya hal tersebut merupakan urusan pribadi masing-masing.

"Nyoblos silahkan, enggak silahkan. Itu urusan dia," ungkap Sultan.

Baca Juga: Bertemu Sri Sultan, Anies Sebut Memohon Doa Restu dan Bimbingan

3. Sebut istri Sultan juga tidak tahu yang dipilih Sultan

Sultan Mengaku Tak Arahkan Anak Istri ke Salah Satu CapresGubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X (tengah). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Sultan mengungkapkan istrinya, GKR Hemas pun tidak tahu apa yang dicoblos oleh Sultan dalam setiap Pemilu. Ia menegaskan bahwa itu hak pribadi.

"Istri saya pun ndak pernah tahu yang saya coblos nomor berapa. Karena bagi saya itu haknya individu, biar pun itu anak, itu istri," ucap Sultan.

Baca Juga: Bertemu Prabowo-Gibran, Sultan: Bahas Pilpres secara Umum

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya