Sri Sultan HB X Gelar Open House Idulfitri, Setelah 4 Kali Absen

3 ribu orang diperkirakan bakal datangi Kompleks Kepatihan

Yogyakarta, IDN Times - Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY) bakal menggelar open house, setelah empat kali absen karena pandemik Covid-19 sejak tahun 2020.

Masyarakat di tahun ini bisa bersilaturahmi langsung dengan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X, di Bangsal Kepatihan Yogyakarta besok Selasa (16/4/2024).

Koordinator Substansi Hubungan Masyarakat, Biro Umum, Hubungan Masyarakat dan Protokol Setda DIY, Ditya Nanaryo Aji mengatakan, open house Idulfitri tahun ini, Pemda DIY menampung 3 ribu orang untuk datang. 

Selain Gubernur dan Wakil Gubernur DIY, istri Gubernur DIY, GKR Hemas dan istri Wakil Gubernur DIY, GKBRAA Paku Alam, akan datang di acara open house. 

1. Terbuka untuk umum

Sri Sultan HB X Gelar Open House Idulfitri, Setelah 4 Kali AbsenGubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri, Sultan Hamengku Buwono X. (Dok. IStimewa)

Undangan open hous yang dimulai pukul 09.00 - 12.00 WIB ini, bersifat terbuka bagi warga yang ingin bersilaturahmi kepada Gubernur dan Wakil Gubernur DIY, dan tentunya tidak dipungut biaya. Masyarakat dipersilahkan datang tanpa syarat, tetap mengikuti aturan yang berlaku seperti berpakaian bebas, rapi dan sopan, serta menjaga ketertiban.

"Kami secara terbuka mengundang seluruh masyarakat untuk dapat hadir bersilaturahmi dengan Ngarsa Dalem dan Kanjeng Gusti. Masyarakat dipersilakan datang dengan memakai pakaian rapi dan sopan," ujar Ditya, Senin (15/4/2024). 

Menurut Ditya, warga dilarang untuk mengambil foto atau selfie di atas Bangsal Kepatihan saat bersalaman. Hal ini untuk menjaga ketertiban bersama dan agar tidak memperlambat antrian.

2. Acara dibagi tiga sesi

Sri Sultan HB X Gelar Open House Idulfitri, Setelah 4 Kali Absenilustrasi jabat tangan (freepik)

Ditya menambahkan, acara akan dibagi menjadi tiga sesi per 1 jam, dengan maksud agar antrian bisa lebih tertib dan kondusif. Ditya mengatakan acara tersebut juga diharapkan mampu mempererat silaturahmi antara masyarakat dengan pimpinan daerah.

Mengingat sudah 4 tahun acara ini tidak digelar, Ditya menyebut ajang silaturahmi ini sebagai obat rindu pimpinan daerah untuk langsung menyapa warganya. "Diharapkan semua bisa mendapatkan giliran dan tetap tertib tidak boleh ada yang menyela antrian.

Baca Juga: Sejarah Tugu Ngejaman Malioboro, Penanda Kekuasaan Belanda

3. Sajian kuliner tradisional disiapkan

Sri Sultan HB X Gelar Open House Idulfitri, Setelah 4 Kali AbsenSatpol PP berjaga di Kompleks Kepatihan Kantor Gubernur DIY (IDNTimes/Paulus Risang)

Masyarakat yang datang, akan dijamu dengan sajian kuliner tradisional seperti soto ayam, mie jawa goreng atau rebus, nasi liwet, aneka jenang dan minuman. Usai bersalaman dengan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY, warga dipersilakan untuk menikmati jamuan yang disediakan secara prasmanan. Ditya menyebut Pemda DIY berupaya memberikan suguhan terbaik bagi masyarakat untuk mendukung acara silaturahmi lebih nyaman.

Ditya menambahkan, apabila tidak sempat hadir, masyarakat bisa menyaksikan acara melalui kanal YouTube Humas Pemda DIY, JITV dan instagram Humas Jogja. 

Baca Juga: Kepatihan, Kediaman Patih yang Kini Jadi Kantor Gubernur Yogyakarta

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya