Sleman Bangun Rumah Pangan B2SA, Bantu Gizi ibu Hamil dan Anak 

Upaya turunkan angka stunting

Yogyakarta, IDN Times - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman meluncurkan Rumah Pangan Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA), di Kalurahan Margomulyo, Seyegan, pada Kamis (27/6/2024). Rumah Pangan B2SA diharap bisa membantu pemenuhan gizi anak.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menyampaikan Rumah Pangan B2SA merupakan program Pemerintah Pusat (Badan Pangan Nasional) untuk menerapkan pola konsumsi pangan beragam, bergizi seimbang, dan aman sehari-hari untuk meningkatkan kualitas konsumsi pangan masyarakat.

1. Sleman salah satu daerah yang mendapat alokasi kegiatan Rumah Pangan B2SA

Sleman Bangun Rumah Pangan B2SA, Bantu Gizi ibu Hamil dan Anak Rumah Pangan B2SA Sleman. (Dok. Istimewa)

Kustini menjelaskan, Kabupaten Sleman menjadi salah satu daerah yang mendapatkan alokasi kegiatan Rumah Pangan B2SA tahun 2024. Hadirnya program ini diharap bisa membantu masyarakat di Kalurahan Margomulyo.

"Keberadaan program B2SA di Kalurahan Margomulyo ini tentu menjadi kesempatan kepada masyarakat untuk memperoleh edukasi dan makanan tambahan untuk memperbaiki kondisi gizinya," kata Kustini.

Ia berharap, program Rumah Pangan B2SA ini dapat membantu upaya Pemkab Sleman meningkatkan status gizi masyarakat serta menurunkan angka stunting di kabupaten Sleman.

2. Diberikan kepada ibu hamil dan anak yang mengalami gizi buruk

Sleman Bangun Rumah Pangan B2SA, Bantu Gizi ibu Hamil dan Anak Rumah Pangan B2SA Sleman. (Dok. Istimewa)

Plt. Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Sleman, Suparmono menuturkan dalam implementasinya, kegiatan Rumah Pangan B2SA ini meliputi penyusunan dan pengolahan menu pangan B2SA sesuai dengan potensi lokal, yang selanjutnya dibagikan kepada sasaran program, yaitu ibu hamil dan anak yang terindentifikasi gizi buruk dan kurang.

Baca Juga: Temuan Arca Ganesha di Sleman Disebut Unik dan Jarang Ditemui

3. Bantuan penyusunan dan pengolahan pangan

Sleman Bangun Rumah Pangan B2SA, Bantu Gizi ibu Hamil dan Anak Rumah Pangan B2SA Sleman. (Dok. Istimewa)

Dalam kegiatan Rumah Pangan B2SA ini, Suparmono mengatakan Pemkab Sleman melibatkan TP PKK Kalurahan Margomulyo. "Pada pelaksanaannya, TP PKK nantinya akan membantu menyusun dan mengolah makanan beragam dan bergizi seminggu tiga kali yang diberikan kepada penerima manfaat (ibu hamil, ibu menyusui, anak stunting, anak gizi buruk dan kurang)," ungkapnya.

Baca Juga: Sidak Tempat Makan di Sleman, Pertamina Temukan Pemakaian LPG 3Kg

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya