Singgih Raharjo Ajukan Pensiun Dini, Santer Dikabarkan Maju Pilkada

Muncul baliho dukungan Singgih maju Wali Kota Yogyakarta

Yogyakarta, IDN Times - Sekretaris Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (Sekda DIY), Beny Suharsono membenarkan Kepala Dinas Pariwisata (Dinpar) DIY, Singgih Raharjo mengajukan pensiun dini. 

"Jadi Pak Singgih sedang berproses (pengajuan pensiun dini). Sudah menghadap Pak Gubernur (Sri Sultan Hamengku Buwono X), sudah menghadap saya," ungkap Beny, di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Senin (15/7/2024).

Singgih yang sempat menduduki Penjabat Wali Kota Yogyakarta santer diduga maju kontestasi Pilkada Kota Yogyakarta 2024.

1. Penuhi syarat ajukan pensiun dini

Singgih Raharjo Ajukan Pensiun Dini, Santer Dikabarkan Maju PilkadaIlustrasi Pemilu. (IDN Times/Mhd Saifullah)

Beny mengatakan Singgih bakal mengikuti Pilkada Kota Yogyakarta 2024. Menurutnya hal tersebut merupakan hak pribadi seseorang. "Sebagai ASN ada aturan yang harus diikuti Singgih, yaitu tidak terikat sebagai ASN jika maju kontestasi," ujar Beny. 

Menurut Beny, Singgih telah memenuhi persyaratan untuk pensiun dini, yaitu berusia di atas 50 tahun, dan masa kerja minimal 20 tahun.

2. Pensiun dini Singgih tengah berproses

Singgih Raharjo Ajukan Pensiun Dini, Santer Dikabarkan Maju PilkadaSekda DIY, Beny Suharsono. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Ditegaskan oleh Beny, proses administrasi pengajuan pensiun dini Singgih tengah berproses. "Kalau ini bisa dilakukan per 1 Agustus (2024), Pak Singgih sudah selesai jadi ASN, karena kehendaknya mengajukan permohonan untuk pensiun dini," kata Beny.

Beny juga mengungkapkan Pemda DIY segera menyiapkan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata setelah Singgih resmi pensiun dini. "Pltnya sedang berproses, begitu yang bersangkutan siap-siap mengajukan pengunduran diri, kami siapkan Plt-nya," kata Beny.

Baca Juga: Pilkada Jadi Ajang Teror Lima Tahunan Bagi Politikus Perempuan

3. Muncul baliho dukungan untuk Singgih

Singgih Raharjo Ajukan Pensiun Dini, Santer Dikabarkan Maju PilkadaBaliho dukungan untuk Singgih maju Pilkada Kota Yogyakarta. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Dari pantauan IDN Times, muncul dukungan pada Singgih untuk maju merebutkan kursi orang nomor 1 di Kota Yogyakarta. Baliho yang berada di Jalan Pasar Kembang tampak bertuliskan 'Kota Yogyakarta bareng Singgih, kami dukung pemimpin pesepeda. Bisa merasakan udara Kota Yogyakarta dengan nyata. Dari kami Jaringan Pesepeda YK'. Baliho tersebut juga terpampang foto Singgih naik sepeda.

Saat disinggung hal tersebut, Beny enggan berkomentar banyak. Ia hanya menyebut telah mengingatkan kepada Singgih, jika belum selesai administrasi, untuk menahan diri. "Ya jangan tanyakan ke saya (soal baliho), tanyakan ke Pak Singgih yang memasang. Kemarin sudah saya sampaikan ke Pak Singgih sebelum proses (administrasi pengunduran diri sebagai ASN) selesai, Pak Singgih menahan dirilah, karena posisi masih menjadi ASN meski per tanggal itu sudah menyatakan pengunduran diri. Cuma secara administrasi kan efektifnya per 1 Agustus," ucap Beny.

Baca Juga: Sekda DIY Ingatkan Penjabat Kepala Daerah Jaga Netralitas Saat Pilkada

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya