Simak, Ini Nama Bakal Calon Bupati dan Wali Kota Maju Pilkada di DIY

Total terdapat 14 bakal calon kepala daerah

Intinya Sih...

  • KPU DIY menerima 14 bakal calon kepala daerah di empat kabupaten dan satu kota Yogyakarta untuk Pilkada 2024.
  • Ada tiga bakal calon kepala daerah di Kota Yogyakarta, dua di Kabupaten Sleman, dua di Kabupaten Bantul, tiga di Kabupaten Kulon Progo, dan tiga di Gunungkidul.
  • Beragam partai politik mengusung pasangan calon kepala daerah di berbagai wilayah DIY untuk Pilkada 2024.

Yogyakarta, IDN Times – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten/Kota di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah menerima berkas Bakal Calon Kepala Daerah di Kabupaten/Kota di DIY. Total terdapat 14 Bakal Calon Kepala Daerah di empat Kabupaten dan satu Kota Yogyakarta yang akan berkontestasi di Pilkada 2024.
 
Ketua KPU DIY, Ahmad Shidqi mengatakan tahapan pendaftaran bakal pasangan calon Pilkada tahun 2024 telah berlangsung selama tiga hari, yakni mulai 27 Agustus – 29 Agustus 2024. “

Selama tiga hari tersebut, KPU Kabupaten/Kota se-DIY menerima pendaftaran bakal pasangan calon yang diajukan oleh Partai Politik peserta Pemilu atau Gabungan Partai Politik peserta Pemilu,” ucap Ketua KPU DIY, Ahmad Shidqi, Jumat (30/8/2024).

1. Bakal Calon di Kota Yogyakarta

Simak, Ini Nama Bakal Calon Bupati dan Wali Kota Maju Pilkada di DIYIlustrasi pemilihan kepala daerah (pilkada) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

terdapat tiga Bakal Calon Kepala Daerah di Kota Yogyakarta yang mendaftar di KPU, yaitu pasangan Muhammad Afnan Hadikusumo dan Singgih Raharjo, diusung Partai Golkar, Partai Gerindra, PKS, PPP, PKB, PSI, Partai Buruh, dan Partai Ummat.
 
Kedua pasangan Heroe Poerwadi dan Sri Widya Supena, diusung Partai NasDem, PAN, Partai Demokrat, Partai Perindo, PKN, Partai Garuda, Partai Gelora. Dan ketiga, pasangan Hasto Wardoyo dan Wawan Harmawan diusung PDI Perjuangan.

2. Bakal calon di Kabupaten Sleman dan Bantul

Simak, Ini Nama Bakal Calon Bupati dan Wali Kota Maju Pilkada di DIYIlustrasi Pilkada 2024.

Untuk wilayah di Kabupaten Sleman terdapat dua calon yang mendaftar, yaitu pasangan Harda Kiswaya dan Danang Maharsa, diusung PDI Perjuangan, Partai Gerindra, Partai Golkar, PPP, Partai NasDem, PKS, PKB, Partai Buruh, PSI, Partai Gelora, Partai Demokrat, Partai Ummat.

Pasangan lainnya di Sleman, yaitu Kustini Sri Purnomo dan Sukamto yang diusung PAN, PBB, Partai Garuda, PKN, Partai Perindo.
 
Di Kabupaten Bantul ada pasangan Abdul Halim Muslih dan Aris Suharyanta, diusung Partai NasDem, PKB, Partai Golkar, Partai Gerindra, PKN, Partai Buruh, Partai Garuda, PSI, Partai Gelora. Lalu, ada Joko B. Purnomo dan Rony Wijaya Indra Gunawan yang diusung PKS, PPP, PDI Perjuangan, Partai Demokrat, Partai Ummat. Kemudian pasangan Untoro Hadi dan Wahyudi Anggoro Hadi yang diusung PAN, dan PBB.

Baca Juga: Sri Sultan Tegaskan ASN hingga Kepala Desa harus Netral dalam Pilkada

3. Bakal calon kepala daerah di Kulon Progo dan Gunungkidul

Simak, Ini Nama Bakal Calon Bupati dan Wali Kota Maju Pilkada di DIYilustrasi pilkada serentak .(IDN Times/ Foto : Ilustrasi/KPU)

Sementara itu, untuk Kabupaten Kulon Progo ada pasangan Marija dan Yusron Martofa, yang diusung Partai Gerindra, PKB, Partai NasDem. Sementara pasangan Novida Kartika Hadhi dan Rini Indriani diusung PDI Perjuangan, PKS. Kemudian pasangan Agung Setyawan dan Ambar Purwoko yang diusung Partai Golkar, PAN, PPP, Partai Demokrat, Partai Perindo, Partai Ummat, PKN, Partai Garuda, PSI, Partai Gelora, PBB.
 
Untuk Gunungkidul, pasangan Endah Subekti Kuntariningsih dan Joko Parwoto, diusung PDI Perjuangan, Partai Golkar, PKB. Lalu, Sutrisna Wibawa dan Sumanto diusung Partai NasDem, PKS, Partai Gerindra, Partai Demokrat. Terakhir yaitu, Sunaryanta dan Mahmud Ardi Widianto yang diusung Partai Garuda, Partai Gelora, PPP, PSI, Partai Ummat.

Baca Juga: Pemda DIY Buka Lowongan 378 Formasi CPNS, Ini Imbauan BKD

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya