Sampah di Sejumlah Titik Jalan Kota Jogja, Ini Kata Pj Wali Kota

TPS 3R terus dikebut

Intinya Sih...

  • Tumpukan sampah pasca libur Lebaran terlihat di beberapa titik jalan di Kota Yogyakarta.
  • Penjabat Wali Kota Yogyakarta mengingatkan masyarakat untuk membuang sampah ke depo sampah yang tersedia.
  • Operasional depo sampah di Yogyakarta sudah terjadwal, dengan 3 hari beroperasi dan 1 hari tidak beroperasi, serta 3 lokasi TPS 3R telah disiapkan.

Yogyakarta, IDN Times - Tumpukan sampah sempat terlihat di beberapa titik jalan di Kota Yogyakarta pasca libur Lebaran. Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo, mengingatkan masyarakat untuk bisa membuang sampahnya di depo sampah yang tersedia.

"Harus saya sampaikan kepada masyarakat juga, silahkan membawa sampah itu ke Depo," ujar Singgih ditemui seusai mengikuti agenda Syawalan di Balai Kota Yogyakarta, Jumat (19/4/2024).

1. Operasional depo sampah sudah terjadwal

Sampah di Sejumlah Titik Jalan Kota Jogja, Ini Kata Pj Wali KotaPenjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Singgih menjelaskan operasional depo sampah yang ada di Kota Yogyakarta sudah terjadwal, dimana 3 hari beroperasi dan 1 hari tidak beroperasi. Singgih meminta kepada masyarakat untuk bisa menyesuaikan jadwal pembuangan sampah ke depo.

"Depo tetap buka, karena itu menjadi poin dimana masyarakat menyampaikan sampahnya. Kalau depo ditutup pasti di jalan-jalan. Selama ini masih ada di jalan-jalan itu sampah kelihatan, tapi tetap kita ambil tiap hari, tapi saya mohon masyarakat silahkan ke depo saja," ujar Singgih.

2. TPS 3R Nitikan bisa kelola 60 ton sampah

Sampah di Sejumlah Titik Jalan Kota Jogja, Ini Kata Pj Wali KotaTPS 3R Nitikan. (Dok. Istimewa)

Saat disinggung kebijakan desentralisasi pengelolaan sampah, Singgih mengatakan 3 lokasi TPS 3R telah disiapkan, yaitu Nitikian, Kranon, dan Karangmiri. Untuk di Nitikan, Singgih mengatakan saat ini telah beroperasi, berhasil mengolah RDF dan akan siap dikirim ke perusahaan yang telah bekerja sama.

"Satu harinya itu bisa 60 ton per hari (mengelola sampah menjadi RDF). Akan kita coba efisienkan lagi, kemarin hitung-hitungan bisa sampai 75 ton perhari," ujar Singgih.

Baca Juga: Libur Lebaran, Volume Sampah di DIY Bertambah 65 Ton

3. Persiapan di TPS 3R Kranon dan Karangmiri

Sampah di Sejumlah Titik Jalan Kota Jogja, Ini Kata Pj Wali Kotailustrasi sampah plastik yang dibungkus (pexels.com/Juan Pablo Serrano Arenas)

Sementara itu di dua lokasi lain yaitu Kranon dan Karangmiri, disebut Singgih persiapan terus dilakukan. Ditarget pada awal Mei 2024 nanti sudah bisa selesai, operasional berjalan, dan total bisa mengelola sampah sekitar 60 ton per harinya.

"Hitungan kita 3 lokasi itu memang belum bisa menyelesaikan total sampah yang 200an ton itu, tapi kita sudah punya kerja sama dengan stakeholder, kami kemitraan yang nanti bantu menyelesaikan. Secara mayoritas kita olah sendiri di Jogja. Sisanya sedikit ini akan distribusikan ke mitra," kata Singgih.

Baca Juga: Libur Lebaran, Sehari Sampah di Pantai Parangtritis Capai 3,6 Ton

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya