Sambut Ramadan, Ini Kesiapan Pertamina Patra Niaga untuk DIY - Jateng

Konsumsi BBM dan LPG meningkat, Pertamina pastikan stok aman

Yogyakarta, IDN Times - Pertamina Patra Niaga Region Jawa Bagian Tengah memastikan keamanan dan ketersediaan stok BBM dan LPG di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) jelang bulan ramadan 2024. 

"Berdasarkan realisasi konsumsi tahun lalu, diperkirakan terjadi kenaikan konsumsi sebesar 4 hingga 5 persen di periode Jumat, 8 Maret sampai Minggu,10 Maret 2024. Dimana persentase tersebut dibandingkan dengan rerata harian normal yaitu di periode Januari - Februari 2024," ungkap Area Manager Com, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Region Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho, Jumat (8/3/2024).

1. Wilayah yang alami peningkatan permintaan di DIY dan Jateng

Sambut Ramadan, Ini Kesiapan Pertamina Patra Niaga untuk DIY - JatengIlustrasi kesiapan Pertamina sambut ramadan. (Dok. Istimewa)

Periode jelang Ramadan, tren konsumsi LPG wilayah Jawa Tengah yang diestimasikan mengalami peningkatan cukup tinggi adalah wilayah Kota Salatiga, Kabupaten Batang dan Kabupaten Grobogan. Kemudian untuk wilayah DIY, Kabupaten Sleman, Kota Yogyakarta dan Kabupaten Kulon Progo.

"Seperti produk LPG, produk BBM jenis Gasoline (Pertalite dan Pertamax Series) juga diprediksi mengalami kenaikan konsumsi hingga 9 persen, jelang bulan suci ramadan bila dibandingkan rata-rata harian normal Januari-Februari 2024," ujar Brasto.

2. Kesiapan Pertamina Patra Niaga

Sambut Ramadan, Ini Kesiapan Pertamina Patra Niaga untuk DIY - JatengIlustrasi kesiapan Pertamina sambut ramadan. (Dok. Istimewa)

Brasto menambahkan, untuk memastikan pemenuhan proyeksi peningkatan konsumsi LPG dan BBM, Pertamina Patra Niaga memastikan operasional mobil tangki hingga SPBU dan SPBE.

"Ketahanan stok saat ini untuk solar di angka 13,4 hari, Pertalite 8,9 hari, seluruh BBM non subsidi selama 10 hingga 51 hari. LPG 5 hari dan Avtur 35,4 hari. Angka tersebut adalah angka yang mencukupi kebutuhan konsumen," ungkap Brasto.

Terkait libur Hari Suci Nyepi di hari pertama bulan Ramadan yaitu di hari Senin (11/3/2024), apabila konsumen ingin memesan BBM nonsubsidi dan Bright Gas, konsumen dapat menggunakan layanan Pertamina Delivery Service 135. 

Baca Juga: 9 Promo Bukber Hotel di Jogja, Harga Mulai Rp50 Ribu

3. MyPertamina tebar hadiah 2024

Sambut Ramadan, Ini Kesiapan Pertamina Patra Niaga untuk DIY - JatengIlustrasi layanan BBM Pertamina Patra Niaga. (Dok. Pertamina)

Brasto menambahkan Pertamina Patra Niaga berbagi keceriaan bersama konsumen dengan MyPertamina Tebar Hadiah 2024. Program tersebut merupakan bentuk apresiasi bagi pelanggan setia Pertamax Series, Dex Series dan LPG Bright Gas yang transaksinya dilakukan melalui aplikasi MyPertamina.

Baca Juga: Program Makan Siang Gratis, Ahli Gizi UGM: Jangan Disunat!

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya