Saksi di TPS Kunci Antisipasi Kecurangan, Relawan Ganjar Beri Bantuan

Bentuk dukungan moral

Yogyakarta, IDN Times - Gabungan relawan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD menyalurkan bantuan kepada ratusan saksi di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Gunungkidul. Bantuan yang diberikan berupa permakanan.

Adapun permakanan yang diberikan berupa snack, biskuit, susu, madu, minuman berenergi. Berbagai bantuan yang diberikan sebagai bentuk dukungan moral kepada para saksi di TPS.

1. Bantuan untuk ratusan saksi

Saksi di TPS Kunci Antisipasi Kecurangan, Relawan Ganjar Beri Bantuanilustrasi pemilu (dok. IDN Times/ Agung Sedana)

Penggagas Gerakan Penguatan Saksi, Widihasto Wasana Putra, menyebut bantuan yang diberikan merupakan aksi swadaya dari relawan Ganjar-Mahfud. Sejumlah relawan yang tergabung di antaranya Ganjar Mahfud Presiden Wapres RI (GAMARI), Taremah Mahfud, Gabungan Relawan Ganjar Mahfud DIY (GARDA ISTIMEWA) dan Relawan Tindak Lanjut (RAJUT).

Bantuan yang diberikan memyasar ratusan saksi di TPS yang ada di Gunungkidul. "Bantuan kita salurkan kepada 613 saksi TPS yang tersebar di enam kapanewon, dan 14 desa," kata Hasto, di Yogyakarta, Senin (12/2/2024).

2. Saksi di TPS jadi kunci pengawasan Pemilu

Saksi di TPS Kunci Antisipasi Kecurangan, Relawan Ganjar Beri BantuanWarga mengikuti simulasi pemungutan suara di GOR Saparua, Bandung, Jawa Barat, Selasa (30/1/2024). (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Hasto menyebut saksi TPS meniadi kunci dari seluruh rangkaian proses Pemilu 2024. Dinilai Hasto garda terdepan dalam pengawasan setiap TPS ini adalah mereka saksi di TPS. Saksi TPS juga diibaratkan perwakilan dari Paslon, Caleg, dan partai politik peserta Pemilu.

"Mereka garda terdepan yang akan mengantisipasi munculnya kecurangan Pemilu. Dipilih kawasan pesisir karena jauh dari hiruk-pikuk politik. Jadi pertimbangan geografis, perlu penguatan jangan sampai suara Ganjar-Mahfud dicurangi," ujar Hasto.

Baca Juga: Sultan HB X Akui Diminta Jokowi Jembatani Pertemuan dengan Megawati

3. Semua saksi siap mengawasi pencoblosan

Saksi di TPS Kunci Antisipasi Kecurangan, Relawan Ganjar Beri BantuanWarga memasukkan surat suara saat mengikuti simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 di Alun Alun Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (30/1/2024). (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

Hasto mengakui bantuan yang ada masih sangat terbatas, meski begitu diharap bantuan yang ada memperkuat moral saksi, dan bisa bekerja dengan maksimal. Selain itu diharap aksi ini menginspirasi relawan lainnya.

"Saksi TPS Ganjar-Mahfud di DIY sudah terbagi dan terbentuk di semua TPS, desa, kecamatan, dan kabupaten. Semua saksi siap mengawasi pencoblosan hingga penghitungan suara," kata Hasto.

Paket permakaman sendiri akan diberikan pada Selasa 13 Februari 2024, atau satu hari jelang hari pencoblosan. 

Baca Juga: Pemilih di Jogja Meninggal, Tetap Diberi Undangan Nyoblos

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya