Rencana Kelola Sampah di Piyungan Tertunda, Pemkot Maksimalkan TPS 3R

Kelola sampah, Pemkot Yogyakarta jalankan rencana cadangan

Yogyakarta, IDN Times - Pemerintah Kota Yogyakarta akan memperpanjang waktu operasional TPS 3R di Nitikan dan Karangmiri. Upaya tersebut dilakukan untuk penanganan masalah sampah, lantaran penundaan penggunaan lahan pinjam pakai di TPA Piyungan.

Rencananya lahan pinjam pakai di TPA Piyungan digunakan untuk mengolah sampah menjadi bahan bakar atau Refused Derived Fuel (RDF). Namun warga Sitimulyo, Piyungan, Bantul, menolak rencana pembangunan tersebut.

1. Memaksimalkan TPS 3R di Kota Yogyakarta

Rencana Kelola Sampah di Piyungan Tertunda, Pemkot Maksimalkan TPS 3RTPS 3R Nitikan. (Dok. Istimewa)

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Daerah Istimewa Yogyakarta (DLHK DIY), Kusno Wibowo membenarkan adanya penolakan terhadap lahan pinjam pakai yang luasnya 2.600 meter di TPA Piyungan, sehingga belum diperoleh izin setempat.

"Kota Yogyakarta ada solusi untuk meningkatkan kapasitas TPS 3R di beberapa tempat untuk menghandle penundaan di TPA Piyungan. Titik-titik (TPS 3R) akan ditingkatkan kapasitasnya dengan memperpanjang waktu operasional," kata Kusno, Selasa (19/3/2024).

2. Lahan pinjam pakai tetap digunakan

Rencana Kelola Sampah di Piyungan Tertunda, Pemkot Maksimalkan TPS 3RFoto udara tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) di Piyungan, Bantul, DI Yogyakarta, Kamis (7/3/2024) (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Kusno menyebut, lahan pinjam pakai tersebut tetap akan digunakan, sehingga negosiasi dan komunikasi terus diupayakan. Disebutnya kebijakan desentralisasi pengelolaan sampah akan berjalan sesuai rencana pada April 2024 mendatang.

Dalam hitungan matematis, dijelaskannya TPA Piyungan diperkirakan akan penuh per 15 April 2024 mendatang apabila per harinya masih menampung 350 ton sampah dari Kota Yogyakarta, Sleman, dan Bantul. Pada momen seperti ramadan ini diakui Kusno juga ada peningkatan volume sampah, meski masih bisa terkendali.

Baca Juga: Di Balik Gairah Kafe, Sampah Plastik Membeludak di Yogyakarta

3. Pemkot Yogyakarta jalankan plan B

Rencana Kelola Sampah di Piyungan Tertunda, Pemkot Maksimalkan TPS 3RPenjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Sebelumnya, Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo menyebut pihaknya berupaya berkomunikasi dengan warga, mulai dari RT hingga kalurahan. Adanya penolakan sebagian warga, pemkot harus melakukan rencana lainnya.

"Ada sebagian warga yang tidak menghendaki itu. Tentu kita mempuncai rencana atau plan a, plan b, pasti ada. Kita tunda dulu, dan plan b kita jalankan," ujar Singgih.

Baca Juga: Intip Menu Berbuka All You Can Eat di Hotel Bintang Lima Yogyakarta

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya