Puluhan Siswa di Kota Jogja Ikuti Kegiatan Kreasi Literasi Anak

Asah kreativitas anak saat liburan sekolah

Intinya Sih...

  • Lebih dari 50 siswa SD hingga SMP mengikuti kegiatan Kreasi Literasi Anak di Perpustakaan Kota Yogyakarta.
  • Anak-anak membuat kreasi tas, batik abstrak, kipas deco, dan melukis cangkir enamel selama dua hari kegiatan.
  • Kegiatan liburan di perpustakaan menjadi aktivitas edukatif dan kreatif untuk menunjang potensi siswa-siswi.

Yogyakarta, IDN Times - Lebih dari 50 siswa SD hingga SMP mengisi masa libur sekolah dengan mengikuti kegiatan Kreasi Literasi Anak bersama Perpustakaan Kota di Halaman Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Yogyakarta pada Rabu (3/7/2024)–Kamis (4/7/2024). Kegiatan ini membuat anak-anak produktif di momen liburan.

Pada hari pertama para siswa diajak untuk membuat kreasi tas kecil dengan pewarnaan gesek godong dan kreasi batik abstrak di sapu tangan, juga kreasi kipas deco dan melukis cangkir enamel di hari kedua, didampingi para pustakawan juga instruktur dari Komunitas Omah Kreatif Loedji 16. 

1. Aktivitas yang edukatif dan kreatif

Puluhan Siswa di Kota Jogja Ikuti Kegiatan Kreasi Literasi AnakKegiatan Kreasi Literasi Anak bersama Perpustakaan Kota Yogyakarta. (Dok. Istimewa)

Plt Sekretaris DPK Kota Yogyakarta, Gatot Sudarmono mengatakan kegiatan liburan di Perpustakaan Kota menjadi satu aktivitas yang edukatif dan kreatif untuk menunjang potensi yang dimiliki siswa-siswi, baik di kelas maupun dalam kegiatan lainnya.

“Anak-anak yang hari ini ikut kegiatan Liburan di Perpustakaan Kota artinya punya kemauan untuk mengisi masa liburannya dengan satu hal yang baru, dan menstimulus mereka untuk berkreasi serta berinteraksi juga berkomunikasi dengan teman baru dari sekolah lain,” kata Gatot pada Rabu (3/7/2024).

2. Anak-anak bisa produktif pada momen liburan

Puluhan Siswa di Kota Jogja Ikuti Kegiatan Kreasi Literasi AnakKegiatan Kreasi Literasi Anak bersama Perpustakaan Kota Yogyakarta. (Dok. Istimewa)

Sejalan dengan itu Kepala Bidang Pengelolaan Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Gemar Membaca DPK Kota Yogyakarta, Nunun Zulaikha menjelaskan program Liburan di Perpustakaan Kota merupakan agenda tahunan yang merupakan salah satu bentuk layanan kepada anak-anak di Kota Yogya.

“Tentunya melalui kegiatan ini kita harap anak-anak bisa produktif di masa libur sekolah, juga memacu potensi dan minat anak ke depan lewat beragam kegiatan kreasi dan bentuk permainan yang dilakukan dalam program Liburan di Perpustakaan Kota,” jelasnya.

Menurutnya saat ini tidak sedikit anak-anak yang menghabiskan waktu luangnya dengan bermain gawai, untuk itu, program Liburan di Perpustakaan Kota menawarkan kegiatan yang membawa anak pada aktivitas luar ruang dan interaksi langsung dengan teman sebaya, melalui kreasi batik dan ragam kerajinan.

“Di sini waktunya untuk anak-anak lepas dari gawai, kembali melakukan aktivitas dan interaksi secara langsung dengan teman-teman baru. Belajar bersosialisasi, kerja kelompok dan berkreasi sesuai dengan kreativitas mereka. Jadi anak-anak juga bisa lebih dekat dengan perpustakaan, yang selama ini kesannya hanya tempat untuk membaca, kami hadir untuk menawarkan ragam aktivitas yang edukatif dan rekreatif,” ujarnya.

Baca Juga: Deret Persoalan PPDB 2024 di Yogyakarta Temuan Ombudsman

3. Anak-anak antusias ikuti kegiatan

Puluhan Siswa di Kota Jogja Ikuti Kegiatan Kreasi Literasi AnakKegiatan Kreasi Literasi Anak bersama Perpustakaan Kota Yogyakarta. (Dok. Istimewa)

Sementara itu peserta kegiatan, Aufa Zahara dari SMPN 11 dan Indah Khairunnisa dari SDN Minggiran menceritakan alasannya mengikuti kegiatan Liburan di Perpustakaan Kota. Mereka mendapat informasi dari orang tua, dan langsung tertarik untuk mendaftar.

“Ikut ini karena dikasih tahu orang tua, terus langsung daftar dan ikut buat dua hari nanti. Tadi sudah ikut permainan kelompok, berkreasi mewarnai tas dengan daun, dan kreasi batik. Seru dan menyenangkan, bisa mengisi waktu libur sekolah di sini. Semoga kalau ada lagi yang ikutan lebih banyak, dari sekolah yang lebih beragam supaya banyak menambah teman baru,” cerita mereka.

Baca Juga: Semangat Siham, Penderita Autis Mengejar Mimpi di Fapet UGM

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya