Puluhan Bengkel di DIY Berlomba Hias Outlet dengan Oli Pertamina

Sasar langsung ke bawah

Yogyakarta, IDN Times - Pertamina Lubricants (PTPL) Enduro dan Fastron Sales Region IV menggelar kompetisi display outlet yang diikuti oleh 30 outlet di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mulai 1 November 2023-15 Desember 2023. Kompetisi ini sebagai salah satu upaya mendongkrak penjualan produk dari Pertamina Lubricants.

"Program ini upaya mendorong orang datang ke sini (bengkel), memakai pelumas Pertamina," ujar Komisaris Utama Pertamina Lubricants, Budiarto Tedja di DIY, Sabtu (16/12/2023).

1. Ketatnya persaingan bisnis oli

Puluhan Bengkel di DIY Berlomba Hias Outlet dengan Oli PertaminaKomisaris Utama Pertamina Lubricants, Budiarto Tedja. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Budiarto mengakui persaingan bisnis oli saat ini sangat ketat. Oleh karenanya dengan menyasar langsung ke bawah dengan kompetisi ini, diharap bisa mengenalkan produk oli dari Pertamina dan bisa mendongkrak penjualan.

"(Persaingan) sangat kompetitif. Mau memenangkan persaingan harus ke bawah. Intinya di situ fokus untuk mengelola jaringan, memberi kemudahan, kenyamanan customer oli. PR kita bagaimana membuat imej ke customer menggunakan produk oli Pertamina, tidak hanya BBM-nya," ujar Budiarto.

2. Berbagai keunggulan untuk tarik konsumen

Puluhan Bengkel di DIY Berlomba Hias Outlet dengan Oli PertaminaBengkel Sembako Motor. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Budiarto mengungkapkan untuk menarik kepercayaan masyarakat, berbagai keunggulan dimiliki oleh produk oli dari Pertamina. "Pertama kualitas jelas, oli kita sudah sudah disertifikasi oleh standar internasional," ungkap Budiarto.

Harga pun disebut Budiarto kompetitif. Bahan baku pelumas dari kilang Pertamina, jadi secara bisnis dari hulu sampai hilir dari Pertamina. "Bisa lebih kompetitif harganya," ungkapnya.

Dari segi layanan, dengan jaringan cabang Pertamina yang luas, bisa dijangkau konsumen dengan mudah. "Tentu memudahkan customer yang punya motor untuk mengganti olinya," ujar Budiarto.

Baca Juga: Konsumsi BBM Libur Nataru di Jogja Diperkirakan Naik hingga 7 Persen

3. Seputar kompetisi display outlet

Puluhan Bengkel di DIY Berlomba Hias Outlet dengan Oli PertaminaPenyerahan hadiah display outlet terbaik dan gebyar akhir tahun. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Sales Region Manager IV Pertamina Lubricants, Brian Bayu Sukmana mengatakan dengan program kompetisi ini diharapkan juga bisa semakin mengenalkan berbagai keunggulan yang dimiliki produk oli Pertamina. "Ini efektif untuk (promosi) ke pengguna langsung," ujarnya.

Diketahui, pemenang kompetisi display outlet diperoleh Bengkel Sembako Motor sebagai juara I yang beralamat di Taruban, Palbapang, Bantul. Juara II diraih oleh Bengkel Dewi Motor, dan Juara ke III Olimart Wina. Kreativitas display yang disuguhkan di masing-masing bengkel tersebut sangat menarik, salah satunya Sang Juara pertama membuat patung produk Enduro yang cukup besar di depan bengkel untuk menarik perhatian pelanggan serta ada yang menyajikan area photobooth dan masih banyak lagi.

"Kami bermitra dengan Pertamina sudah lama. Kalau penjualan produk oli Pertamina 30 persen dari semua oli yang dijual. Tinggi ini. Ini juga untuk memacu kreativitas, supaya konsumen juga lebih percaya," ungkap Pemilik Bengkel Sembako Motor, Rozikin.

Bersamaan dengan kompetisi display outlet, PTPL Sales Region IV mengadakan gebyar akhir tahun dengan memberikan kupon undian bagi pelanggan pengguna produk Enduro dan Fastron yang tersebar di 45 outlet wilayah DIY. Setiap pembelian 1 Enduro Series akan mendapatkan 1 kupon undian, dan tiap pembelian Fastron mendapatkan 2 kupon. 

Hadiah utama berupa Android TV diraih oleh Kasidi. Pria yang memiliki hobi touring ini mengaku awalnya menggunakan produk oli Pertamina karena coba-coba. "Awalnya cuma coba-coba. Suka touring, coba ke Pacitan masih kuning (olinya), kebiasaan jarak jauh hitam (oli lain). Pakai oli ini (oli Pertamina) cocok," ujar Kasidi.

Baca Juga: Pertamina Foundation Luncurkan PFpreneur Dukung Wirausaha Perempuan

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya