PT Pos Indonesia Selesaikan Kiriman Tahap Pertama Logistik Pemilu

Sudah distribusikan kotak suara hingga bilik suara

Sleman, IDN Times - PT Pos Indonesia menyatakan telah mendistribusikan logistik Pemilu tahap pertama ke beberapa provinsi. Direktur Pos Ditjen PPI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI, Gunawan Hutagalung, menyatakan Pos Indonesia sebagai transporter atau pendistribusi telah mengirimkan kotak suara, bilik suara, tinta, dan segel.

1. Penyaluran di daerah 3T sudah tuntas

PT Pos Indonesia Selesaikan Kiriman Tahap Pertama Logistik PemiluIlustrasi logistik Pemilu. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Gunawan menyebut pendistribusian logistik Pemilu tersebut sudah diselesaikan oleh Pos Indonesia. Penyaluran termasuk ke daerah 3T atau Tertinggal, Terdepan, Terluar.

"(Menjangkau) 3T kelebihan PT Pos Indonesia. Di daerah 3T kita punya hampir 80 persen ada di seluruh kecamatan (di Indonesia). Ini kekuatan PT Pos Indonesia. Tentunya teman-teman kami siap di daerah," kata Gunawan, Kamis (23/11/2023). 

2. Kerja sama untuk penyaluran surat suara

PT Pos Indonesia Selesaikan Kiriman Tahap Pertama Logistik PemiluCustomer Gathering Logistic Day, di Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Kamis (23/11/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Gunawan menyebut saat ini Pos Indonesia tengah berproses dengan pemenang penyedia surat suara. Penandatangan kontrak telah dilakukan, selanjutnya dilakukan distribusi di beberapa provinsi di Indonesia. "Mayoritas melalui PT Pos Indonesia untuk pengiriman surat suaranya," kata Gunawan.

Gunawan juga memastikan keamanan dan pengawasan distribusi logistik Pemilu 2024. "Tentunya kita koordinasi aparat keamanan untuk pendistribusian ini, berkolaborasi dengan pihak alat angkut, Pelni, angkutan udara dan sebagianya," jelasnya.

Baca Juga: Bawaslu DIY Minta Parpol Cegah Gesekan Saat Masa Kampanye

3. Antar hingga ke tingkat kecamatan

PT Pos Indonesia Selesaikan Kiriman Tahap Pertama Logistik PemiluIlustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Dijelaskan Gunawan setelah pendistribusian seluruhnya dapat diselesaikan, ada tahap berikutnya. Di KPUD, pihaknya juga sudah bekerja sama untuk mendistribusikan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

"Jadi ini bagian-bagian yang saat ini sudah kita persiapkan menyukseskan pesta demokrasi," ucap Gunawan.

Baca Juga: Bawaslu Bantul Catat Baru Ada 17 Kalurahan Anti Politik Uang

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya