PT Pertamina Patra Niaga RJBT Beri Pelatihan 133 UMK di Jateng dan DIY

Program dengan dua fase

Yogyakarta, IDN Times - PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah (RJBT) menggelar kegiatan UMK Academy untuk menambah ilmu dan kemampuan 133 Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kegiatan dimulai pada awal bulan Juni, ditutup dengan diskusi dan konsultasi usaha melalui daring pada hari Rabu (31/7/2024).

Area Manager Communication, Relations, and Corporate Social Responsibility PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho, menyampaikan Pertamina UMK Academy tahun 2024 berbeda dengan UMK Academy tahun sebelumnya. “Sebelumnya Peserta UMK Academy hanya dari mitra binaan Pertamina saja, namun tahun ini peserta UMK Akademi merupakan mitra binaan Pertamina dan non-mitra binaan Pertamina atau umum,” ujar Brasto, Jumat (2/8/2024).

1. Program dijalankan dengan dua fase

PT Pertamina Patra Niaga RJBT Beri Pelatihan 133 UMK di Jateng dan DIYArea Manager Communication, Relations, and Corporate Social Responsibility PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho. (Dok. Istimewa)

Brasto mengungkapkan program ini dilaksanakan melalui dua fase yaitu UMK Academy skala regional dan nasional. Dimana UMKM yang aktif dan memenuhi kriteria akan berkesempatan untuk melanjutkan ke tahap nasional. “Pada UMK Academy skala regional di Jawa Tengah dan DIY, telah berlangsung delapan kelas yang diisi dengan pelatihan dan pendampingan berbasis pada empat kurikulum pengembangan utama yaitu Go Modern, Go Digital, Go Online, dan Go Global,” ujar Brasto.

2. Umumkan 5 UMKM yang terpilih

PT Pertamina Patra Niaga RJBT Beri Pelatihan 133 UMK di Jateng dan DIYIlustrasi Pengusaha/Wirausahawan (IDN Times/Aditya Pratama)

Brasto menyatakan terkait sayembara pameran untuk 5 peserta UMK Academy yang terpilih, adalah  Kub Global Agro Jaya, Kirana Ecoprint Borobudur, Batik Bengok, Batik Jinggar, dan Alfa Mabruk.

"UMK yang terpilih ini mendapatkan bantuan untuk mengikuti pameran. Kemudian kami merencanakan agenda kopi darat untuk menjadi ajang silaturahmi peserta yang akan dilaksanakan di tiga kota yaitu Kota Semarang, Kota Solo, dan Kota Yogyakarta,” ucap Brasto.

Baca Juga: Jadwal Event Jogja Agustus 2024, Banyak Acara Lari dan Konser

3. Pelaku UMK terbantu dengan pelatihan yang diberikan

PT Pertamina Patra Niaga RJBT Beri Pelatihan 133 UMK di Jateng dan DIYUMK Academy PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah (RJBT). (Dok. Istimewa)

Pemilik Usaha Kecil dan Mikro (UMK) Fashionable Is You di Sleman, Eny Salima yang merupakan salah satu peserta UMK Academy mengaku terbantu adanya materi dari Pertamina Patra Niaga. “Untuk delapan kali pelatihan dari UMK Academy ini materinya singkat tapi yang diperoleh banyak banget, jadi benar-benar me-refresh ilmu yang pernah saya terima. Rasanya rugi banget kalau sekali saja tidak ikut pelatihannya, karena ilmunya sangat bermanfaat,” ucap Eny.

Sejalan dengan itu, pemilik UMK Global Agro Jaya di Wonosobo, Danang juga berterima kasih dengan adanya UMK Academy dari Pertamina. “Saya berterima kasih kepada Pertamina yang sudah memberi kesempatan kepada kami semua untuk mengupgrade skill yang sebelumnya belum pernah kita dapat. Saya merasa menjadi lebih maju dan lebih semangat dalam menghadapi pasar bebas,” ungkap Danang.

Baca Juga: Mahasiswa Teknik Pertambangan UPN Yogyakarta Hilang

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya