PMB Bersama 2023 PTS di Jogja Dibuka, Ini Cara Daftarnya

Bisa pilih tiga program studi dari berbagai PTS di Jogja!

Yogyakarta, IDN Times - Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) kembali menyelenggarakan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Bersama pada 2023 melalui laman Jogjaversitas.id.

"Pada PMB Bersama Jogjaversitas.id 2022 terdapat 28 perguruan tinggi swasta di DIY dengan 275 program studi yang dapat menjadi pilihan bagi pendaftar," kata Ketua APTISI wilayah V sekaligus Rektor Universitas Islam Indonesia (UII), Fathul Wahid, di kantor Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah V, Kota Yogyakarta, Senin (27/2/2023).

1. Keterisian pada 2022 meningkat

PMB Bersama 2023 PTS di Jogja Dibuka, Ini Cara DaftarnyaJumpa pers Jogjaversitas, di LLDikti wilayah V. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo).

PMB bersama terus mengalami peningkatan peminat sejak dilaksanakan pada tahun 2020. Diketahui pendaftar di tahun 2020 sebanyak 1.938, kemudian meningkat pada 2021 menjadi 2.595 pendaftar, dan pada 2022 sebanyak 3.023 pendaftar.

Capaian pada 2022 tersebut mencerminkan keterisian mahasiswa untuk PTS di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), di mana pada 2022, rerata ketercapaian keterisian mahasiswa mencapai 89,46 persen. Persentase ini meningkat dibandingkan saat awal diselenggarakan 2020, di mana rerata keterisian PTS di DIY mencapai 84,30 persen, dan sempat menurun pada angka 59,95 persen di tahun 2021.

"Pandemi Covid-19 diduga menjadi salah satu penyebabnya," kata Fathul.

Melalui PMB Bersama Jogjaversitas.id, pendaftar cukup satu kali memasukkan nilai rapor dan dapat memilih hingga tiga program studi dari PTS yang berbeda yang ada di DIY. "Hasil seleksi diumumkan langsung setelah pendaftar selesai memilih program studi dan memasukkan nilai rapor," ucap Fathul.

2. Detail pendaftaran di Jogjaversitas.id

PMB Bersama 2023 PTS di Jogja Dibuka, Ini Cara DaftarnyaKetua APTISI Wilayah V yang juga Rektor UII, Fathul Wahid. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo).

Calon mahasiswa baru yang mendaftar juga tidak akan dipungut biaya. Apabila calon mahasiswa diterima di Perguruan Tinggi tujuan, maka yang berlaku adalah kebijakan terkait biaya pendaftaran di masing-masing PTS.

Selain itu, calon mahasiswa yang belum diterima di tiga program studi yang dituju, juga dapat melihat dan memilih program studi lain yang direkomendasikan di situs Jogjaversitas.id yang sesuai dengan nilai rapor yang diajukan.

"Dengan pola seleksi tersebut, kehadiran Jogjaversitas.id memberikan kemudahan khususnya bagi masyarakat yang berdomisili di luar DIY untuk dapat mendaftar kuliah di berbagai Perguruan Tinggi swasta yang ada di DIY tanpa harus keluar rumah," ungkap Fathul.

Baca Juga: 5 Cara Memilih Jurusan Universitas yang Kamu Banget!

3. Kampanyekan Ayo Kuliah di Jogja

PMB Bersama 2023 PTS di Jogja Dibuka, Ini Cara DaftarnyaKepala LlDikti Wilayah V DIY, Prof. Aris Junaidi. (IDN TImes/Herlambang Jati Kusumo).

Dengan peluncuran PMB Bersama Jogjaversitas.id tahun 2023, APTISI juga kembali melantangkan kampanye bersama 'Ayo Kuliah di Jogja!'. Kampanye tersebut sebagai ajakan kepada masyarakat Indonesia untuk menjadikan Yogyakarta sebagai destinasi tempat menempuh studi Pendidikan Tinggi.

"Penerimaan mahasiswa baru dengan Jogjaversitas.id ini luar biasa, dibangun perekrutan bersama APTISI," ujar Kepala LlDikti Wilayah V DIY, Prof. Aris Junaidi.

Baca Juga: Unik, Mahasiswa UGM Kompak Berseragam SMA Saat Kuliah

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya