Pertamina Patra Niaga Bakal Cocokan Data Penerima LPG 3 Kg

Mulai Juli, warga 10 kabupaten DIY dan Jateng bakal didata

Yogyakarta, IDN Times - Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga melanjutkan program pendataan dan pencocokan data konsumen LPG 3 kg serta pencatatan transaksi LPG 3 kg gelombang terakhir di Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Program ini sebagai upaya agar pemberian LPG subsidi tepat sasaran.

Mulai Juli 2023, bakal dilaksanakan pendataan dan pencocokan data untuk kabupaten Bantul, Sleman kemudian Banyumas, Brebes, Demak, Grobogan, Klaten, Pati, Pemalang, Semarang. 

1. Pendataan dilakukan secara bertahap

Pertamina Patra Niaga Bakal Cocokan Data Penerima LPG 3 KgProgram pendataan dan pencocokan data konsumen LPG 3 kg. (Dok. Istomewa)

Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga, Brasto Galih Nugroho mengungkapkan, pencocokan data per tanggal 1 Juli dilakukan secara bertahap dan berkala di seluruh pangkalan resmi Pertamina Patra Niaga di kabupaten tersebut.  

“Pendataan dan pencocokan data tersebut sudah diimplementasikan secara bertahap di seluruh kota dan kabupaten di Jawa Tengah dan DIY sejak April 2023, kecuali 10 kabupaten di Jawa Tengah dan DIY tersebut yang akan dimulai per Juli 2023,” imbuhnya.

Brasto mengungkapkan bahwa kebijakan ini mendukung dan menindaklanjuti Keputusan Menteri ESDM No.37.37.K/MG.05/MEM.M/2023 tanggal 27 Februari 2023 tentang Petunjuk Teknis Pendistribusian Isi Ulang LPG Tertentu Tepat Sasaran dan Keputusan Dirjen Migas Nomor 99.K/MG.05/DJM/2023 tanggal 28 Februari 2023 tentang Penahapan Wilayah dan Waktu Pelaksanaan Pendistribusian Isi Ulang LPG Tertentu Tepat Sasaran.

“Tujuan dilaksanakannya program ini adalah untuk penyaluran LPG 3 kg bersubsidi yang lebih transparan dan tepat sasaran,” ujarnya. 

2. Penyaluran LPG subsidi lebih akuntabel dan transparan

Pertamina Patra Niaga Bakal Cocokan Data Penerima LPG 3 KgIlustrasi LPG 3 kg. (Dok. Istimewa)

Brasto menyebutkan bahwa Pertamina juga melakukan skema transaksi pencocokan data di pangkalan resmi. Pencocokan data digital akan membantu pencatatan di pangkalan sehingga penyaluran LPG 3 kg lebih akuntabel dan transparan.

Pencocokan data konsumen rumah tangga dan usaha mikro dilakukan pada sub penyalur atau pangkalan resmi LPG 3 kg tanpa perlu penggunaan atau memilki smartphone atau ponsel milik konsumen. Pencocokan disinergikan dengan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE).

“Jika NIK (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) sudah terdata di P3KE dan datanya cocok, konsumen bisa langsung bertransaksi pembelian LPG 3 kg di sub penyalur atau pangkalan resmi. Namun jika belum terdata, konsumen dapat mendaftarkan NIK KTP dan KK di sub penyalur atau pangkalan resmi dengan pendaftaran hanya dilakukan sekali,” terangnya.

Baca Juga: 5 Kedai Sajian Kuliner Khas Kalimantan di Jogja, Nikmatnya Amboi

3. Program akan berjalan untuk seluruh Jawa Tengah dan DIY

Pertamina Patra Niaga Bakal Cocokan Data Penerima LPG 3 KgIlustrasi LPG 3 kg. (Dok. Istimewa)

Penerapan di 10 kabupaten di Jawa Tengah dan DIY per Juli 2023, program ini telah seluruhnya berjalan di wilayah Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga yang mencakup Jawa Tengah dan DIY.

“Dengan diterapkannya program ini, kami berharap program LPG subsidi 3 kg bisa disalurkan dengan lebih tepat sasaran. Pertamina Patra Niaga senantiasa mengimbau masyarakat yang mampu untuk menggunakan LPG nonsubsidi, seperti Bright Gas 5,5 kg dan Bright Gas 12 kg,” kata Brasto.

Bila konsumen memiliki pertanyaan seputar program program pencocokan data dan transaksi digital LPG 3 kg, dapat menghubungi Pertamina Call Center 135 atau website www.mypertamina.id. Untuk Pertamina Call Center 135 bisa diakses melalui telepon ke 135, video call di aplikasi MyPertamina, chatbot NADIA di aplikasi MyPertamina dan WhatsApp (08111350135), email pcc135@pertamina.com, Instagram @pertamina.135, Twitter @pertamina135, dan Facebook Pertamina Call Center 135.

 

Baca Juga: Bukit Turgo Sleman, Spot Terbaik Melihat Lelehan Lava Merapi

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya